Rabu 08 May 2019 13:54 WIB

Ternate Intensifkan Wisata Olahraga Tarik Wisatawan

Pemkot Ternate mengintensifkan wisata olahraga seperti triatlon

Pemandangan Gunung Gamalama terlihat dari kawasan objek wisata Danau Tolire Besar di Ternate, Maluku Utara, Ahad (28/12).  (Antara/Widodo S. Jusuf)
Pemandangan Gunung Gamalama terlihat dari kawasan objek wisata Danau Tolire Besar di Ternate, Maluku Utara, Ahad (28/12). (Antara/Widodo S. Jusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) mengintensifkan penyelenggaraan olahraga wisata. Langkah ini dilakukan dengan tujuan menjaring kunjungan wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

"Salah satu kegiatan olahraga wisata yang diharapkan dapat menarik kunjungan wisatawan di Ternate adalah triatlon karena sangat sesuai dengan kondisi daerah ini," kata Wali Kota Ternate Burhan Abdurrahman di Ternate, Rabu (8/5).

Baca Juga

Pemkot Ternate bekerja sama dengan sejumlah pihak terkait sudah dua tahun menggelar lomba triatlon di Ternate. Kompetisi ini banyak diminati peserta dari berbagai daerah di Indonesia seperti dari Sulawesi dan Jawa.

Menurut Burhan, Pemkot Ternate sudah menjadikan penyelenggaraan lomba triatlon itu sebagai agenda tahunan dan diprogramkan dalam skala internasional. Dengan demikian triatlon di Ternate diharapkan juga bisa menarik peminat dari luar negeri.

Dia berharap terbentuknya kepengurusan Federasi Triatlon Indonesia (FTI) di Ternate akan semakin memaksimalkan penyelenggaraan lomba triatlon di daerah ini. Apalagi FTI Ternate juga memiliki komitmen yang sama dengan Pemkot Ternate untuk menjadikan triatlon sebagai sarana menarik kunjungan wisatawan.

Selain triatlon, menurut Burhan olahraga wisata lain yang juga potensial digelar di Ternate adalah lbalap sepeda mengelilingi Pulau Ternate sepanjang 45 kilometer. Dalam pelaksanaannya bisa dipadukan dengan kabupaten/kota lainnya di Malut seperti kota Ternate dan Halmahera Utara.

Jalan lingkar pulau Ternate sangat menarik untuk dijadikan jalur lomba balap sepeda. Jalur ini melewati berbagai objek wisata menarik seperti wisata Batu Angus, Pantai Tobololo, Pantai Sulamadaha, serta Danau Tolire.

Selain itu jalur balap sepeda juga dapat melewati objek wisata peninggalan sejarah. "Dia antaranya seperti Benteng Kastela, Benteng Kalamata, Benteng Oranje, Benteng Toluko, dan Kedaton Kesultanan Ternate," ujar Wali Kota.

Wisata alam berupa pendakian gunung Gamalama dengan tinggi 1.700 meter dari permukaan laut juga menjadi salah satu potensi yang dapat menarik kunjungan wisatawan ke Ternate. Wisata ini dinilai menarik terutama bagi wisatawan yang menyukai tantangan mendaki gunung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement