Jumat 19 Oct 2018 14:54 WIB

Cara Makan Paling Sehat di Restoran Sushi (1)

Pilih sushi salmon atau tuna yang rendah kalori.

Rep: Christiyaningsih/Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Beragam jenis sushi.
Foto: EPA
Beragam jenis sushi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kuliner Jepang punya banyak penggemar di Indonesia. Salah satu menu paling populer adalah sushi.

Di kota-kota besar bukan hal yang sulit untuk menemukan restoran sushi. Di balik kelezatannya, ada baiknya kita mengetahui bagaimana trik agar sushi yang kita santap benar-benar menyehatkan. Dikutip dari Shape, inilah kiat-kiat makan sehat di restoran sushi.

Pesan salmon dan tuna

Carol Ann Rinzler, penulis Nutrition for Dummies, menegaskan sushi adalah makanan yang sangat rendah lemak. Tapi jika salah memesan menu, bisa jadi sushi yang Anda makan tidak benar-benar rendah lemak. "Untuk memaksimalkan manfaat sushi, pilih yang kaya omega-3 yakni lemak tak jenuh yang melindungi jantung serta meningkatkan kekuatan otak," kata Rinzler.

Dia menyarankan pesanlah salmon dan tuna. Dua ikan tersebut adalah yang paling sehat untuk diolah menjadi sushi. Salmon dan tuna tergolong santapan rendah kalori. Setiap ons salmon hanya mengandung 40 kalori sedangkan satu ons tuna punya 42 kalori. Protein dan omega-3 yang terkandung di dalamnya juga mampu menurunkan berat badan.

Jangan singkirkan wasabi

Bagi sebagian lidah penikmat sushi, wasabi mungkin punya rasa yang getir. Namun wasabi rupanya punya manfaat bagi kesehatan. "Wasabi mengandung antioksidan seperti isothiosianat yang membuatnya punya aroma tajam ketika dipanaskan. Antioksidan yang sama juga ditemukan pada brokoli yang berfungsi sebagai anti-kanker," jelas Rinzler.

Hindari gorengan

Restoran sushi biasanya menyediakan menu tambahan seperti sayur-sayuran goreng. Menurut ahli nutrisi Margaux J. Rathbun, menu serba kriuk tersebut sebaiknya dihindari. Metode masak deep fried yang membuat rasa gorengan semakin renyah tidak baik bagi kesehatan. "Semakin tidak renyah justru semakin baik," ungkap Rathbun.

Dikukus lebih baik

"Fokuslah pada menu-menu yang dikukus atau dipanggang," kata Rathbun. "Salah satu sushi favoritku adalah sashimi karena berupa potongan daging ikan tanpa nasi atau bahan tambahan lain," katanya.

Pilih veggie roll

Memesan veggie roll atau sushi dengan sayuran adalah pilihan yang tepat. "Banyak restoran sushi menyertakan menu-menu vegetarian dengan bahan seperti timun, alpukat, dan rumput laut," ujar Rathbun. Sayuran yang berasal dari laut adalah santapan yang kaya nutrisi seperti vitamin K, magnesium, dan folat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement