Rabu 17 Oct 2018 15:35 WIB

Cek Kondisi Kesehatanmu Lewat Warna Lidah

Lapisan lidah berwarna putih atau Leukoplakia sering ditemui di lidah perokok

Rep: Nora Azizah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Warna lidah seorang pria
Foto: menshealth.com/gettyimages
Warna lidah seorang pria

3. Ujung Lidah Memerah

Saat mendapati kondisi ujung lidah yang memerah, ini menjadi salah satu pertanda seseorang mengalami stres atau gangguan mental. 

Merah pada ujung lidah akan terus ada selama stres melanda. Warna akan memudar hilang ketika stres atau gangguan mental yang dialami sudah teratasi. Jenis obat-obatan anti depresi juga berpengaruh terhadap perubahan warna ini.

4. Lidah Hitam dan Berbulu

Mungkin rasa jijik atau heran akam terlintas ketika mengetahui lidah bisa berubah menjadi hitam dan berbulu. Namun tanda-tanda ini bisa ditemukan ketika mulut diselimuti bakteri, khusus bagi perokok. 

Kondisi ini hanya bisa diatasi dengan melakukan perawatan kebersihan mulut yang baik. Misalnya, menyikat gigi tiga kali sehari dan flossing.

Akan jauh lebih baik apabila tak lagi merokok. Menggunakan sikat gigi elektrik juga bisa menjadi pilihan dalam menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. 

Perawatan lain bisa dilakukan dengan membersihkan lidah menggunakan penyikat lidah. Alat ini sudah mudah didapatkan. Faktor lain penyebab lidah hitam dan berbulu, yakni pepto bismol yang mengandung bisthmus sehingga bisa mengubah permukaan lidah menjadi hitam.

5. Lidah Kuning

Apabila mendapati warna lidah kekuningan, bisa mengartikan seseorang mengalami penyakit lever atau perut. Lidah kuning juga menjadi awal dari penyakit yang berangsur parah. Kemudian lidah kuning akan berubah ke arah kecokelatan atau bergaris hitam di bagian bawah.

Namun penyebab lidah kuning yang paling umum, yakni kebersihan gigi yang buruk, merokok, dan pengaruh obat-obatan. Sebaiknya tingkatkan cara membersihkan mulut apabila sudah mengalami kondisi ini. Bila tidak juga membaik sebaiknya datangi ahli medis profesional.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement