Rabu 17 Oct 2018 06:02 WIB

Lima Alasan Alpukat Wajib Ada dalam Menu Anda

Alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Rep: Santi Sopia/ Red: Ani Nursalikah
Buah alpukat.
Foto:
Alpukat.

Demi Mata

Alpukat adalah sumber lutein, suatu fitokimia yang terakumulasi di mata. Lutein, bersama dengan phytochemical lain yang disebut zeaxanthin, telah ditemukan menjadi pelindung terhadap gangguan mata umum pada orang tua yang disebut degenerasi makula terkait usia. Pada 2017, para peneliti di Amerika menemukan orang yang mengonsumsi satu buah alpukat per hari selama enam bulan memiliki kadar lutein yang lebih tinggi dalam darah mereka. Lutein juga ditemukan dalam jumlah yang baik dalam telur.

photo

Demi Otak

Dalam studi yang sama yang disebutkan di atas, orang-orang yang mengonsumsi satu hari alpukat juga mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan memori, kognisi, dan penyelesaian masalah mereka. Lutein dalam alpukat, dikombinasikan dengan lemak tak jenuh tunggal, serat dan senyawa bioaktif lainnya, seperti karotenoid dan tokoferol, membuat buah krim ini sangat kondusif untuk otak yang sehat.

Sehat Secara Keseluruhan

Ketika menganalisis data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional yang besar di AS, para peneliti menemukan pada umumnya, pemakan alpukat memiliki pola makan yang lebih sehat dan mengambil tindakan kesehatan yang lebih positif dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi alpukat. Misalnya, pecinta alpukat memiliki asupan buah, sayuran, dan lemak baik secara signifikan lebih tinggi.

Mereka juga mengonsumsi lebih banyak nutrisi penting, seperti 36 persen lebih banyak serat makanan, 23 persen lebih banyak vitamin E, 13 persen lebih banyak magnesium, 16 persen lebih banyak kalium dan 48 persen lebih banyak vitamin K.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement