Kamis 20 Sep 2018 21:38 WIB

Bakar Kalori Lebih Banyak Saat Siklus Menstruasi

Puncak kemampuan atletik wanita terjadi pada waktu sebelum ovulasi

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Peragawan memeragakan jogging di arena kebugaran Fitness First cabang Kemang Village, Jakarta Selatan, Senin (12/6).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Peragawan memeragakan jogging di arena kebugaran Fitness First cabang Kemang Village, Jakarta Selatan, Senin (12/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi metabolisme Anda. Usia, genetika, dan diet memainkan peran, tetapi bagi wanita yang ingin memaksimalkan pembakaran kalori mereka, ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan yaitu siklus menstruasi Anda. 

“Metabolisme wanita dipengaruhi oleh fluktuasi hormon sepanjang bulan,” kata Alisa Vitti, HHC, AADP, ahli gizi fungsional dan pendiri FLOLiving.com. Ternyata proses pembakaran tubuh juga terjadi bahkan bisa maksimal di masa menstruasi.

Wanita dalam upaya menjaga tubuh ideal perlu memaksimalkan fase folikel. Fase yang dimulai pada hari pertama dari periode Anda dan berakhir ketika Anda berovulasi. 

“Puncak kemampuan atletik pada wanita terjadi pada waktu sebelum ovulasi, sebuah fakta yang telah dipelajari pada atlet wanita profesional,” kata Dr Felice Gersh, MD, pendiri Praktek Medis Integratif Irvine di Irvine, CA seperti yang dilansir melalui Pop Sugar. Anda bahkan dapat merasakan perbedaannya.

Ada penjelasan yang relatif sederhana untuk ini, kata Dr. Gersh. Selama fase luteal yang dimulai tepat setelah ovulasi dan berakhir sehari sebelum periode berikutnya, produksi progesteron tubuh Anda membuatnya kurang efisien, menyebabkannya bekerja lebih keras untuk hasil yang sama. Ini sebenarnya menyebabkan Anda membakar lebih banyak kalori  lebih banyak dari itu dalam satu menit. Begitu Anda berada dalam fase folikuler, tubuh Anda tidak perlu mengerahkan banyak usaha, sehingga latihan Anda terasa lebih mudah.

Dengan kata lain, jangan menghindar dari sesi berkeringat yang intens selama paruh pertama setiap bulan karena Anda mungkin tidak membakar lebih banyak kalori secara keseluruhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement