Jumat 24 Aug 2018 21:11 WIB

Kebutuhan Nutrisi Perempuan Ikuti Perubahan Biologis

Menerapkan gaya hidup sehat dengan menjaga menjaga asupan makanan sangatlah penting.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Perempuan berolahraga.
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Perempuan berolahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nutrisi memegang peranan besar dalam menjaga tubuh seseorang agar tetap sehat. Oleh karena itu, menerapkan gaya hidup sehat dengan menjaga menjaga asupan makanan sangatlah penting.

Khusus perempuan, pemenuhan asupan nutrisi sebaiknya mempertimbangkan siklus biologis. Perempuan melewati beberapa perubahan biologis seperti anak-anak, remaja, hamil, hingga menopause.

1. Remaja

Saat perempuan menginjak usia remaja, mereka akan mengalami perubahan fisik dan biologis termasuk mencapai masa pubertas. Di masa-masa ini, mereka membutuhkan banyak asupan makanan yang berasal dari sayur dan buah.

photo
Anak remaja perempuan

 

Nutrisi penting di masa pertumbuhan ini adalah protein untuk membantu menambah energi. Selain itu tubuh mereka juga membutuhkan zat besi untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia terutama saat menstruasi.

Lalu, nutrisi penting selanjutnya adalah kalsium untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium dan protein bisa diperoleh dari susu, keju dan yogurt. Sedangkan zat besi bisa ditemukan pada sayuran berdaun hijau, hati dan ikan tuna.

2. Dewasa dan saat hamil

photo

Perempuan dewasa atau yang akan merencanakan kehamilan membutuhkan nutrusi khusus yang juga akan bermanfaat untuk calon bayi nantinya. Perempuan yang sudah memasuki tingkatan ini sebaiknya memperbanyak konsumsi makanan mengandung asam lemak omega-3. Nutrisi ini baik untuk menjaga kesehatan hati.

Nutrisi penting lainnya yaitu asam folat yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi. Seperti saat remaja, perempuan dewasa juga masih membutuhkan zat besi. Asam lemak omega-3 bisa dipenuhi dengan mengonsumsi ikan salmon, makarel dan kacang kenari. Sedangkan asam folat terdapat pada sayur bayam, telur dan hati sapi.

3. Post menopause

photo
Persiapkan diri menjelang menopause/ilustrasi

Setelah usia tertentu, perempuan akan sampai pada masa menopuase. Di masa ini, perempuan tidak perlu lagi asupan zat besi sebab siklus menstruasi sudah berhenti. Namun, ada nutrisi lain yang tetap harus dipenuhi.

Perempuan menopause disarankan banyak mengonsumsi makanan mengandung Vitamin B12 karena kemampuan penyerapan tubuh mulai memburuk. Nutrisi lain yang tidak boleh ketinggalan yaitu kalsium. Di usia senja, tulang-tulang mulai rapuh. Untuk mengatasi ini, makanan mengandung vitamin D juga sangat disarankan. 

Perempuan menopause juga disarankan mengonsumsi banyak cairan seperti air putih. Cairan akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui urin. Urin yang berwarna gelap merupakan pertanda dari kekurangan cairan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement