Jumat 03 Aug 2018 10:08 WIB

Lima Keajaiban Kolostrum ASI untuk Bayi

Kolostrum sesungguhnya sangat penting bagi bayi Anda.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani
Kolostrum
Foto: medelabreastfeedingus.com
Kolostrum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar ibu berpikir susu pertama yang dihasilkan tubuhnya akan berwarna putih, seperti susu formula. Namun, itu bukan warna ASI sesungguhnya. Produksi ASI di awal-awal pertama setelah melahirkan berwarna agak kekuningan, sebelum menghasilkan ASI matang.

Masih banyak yang percaya mitos kolostrum atau jolong atau premilk harus dibuang. Itu hanya dongeng ibu zaman dahulu, sebab kolostrum sesungguhnya sangat penting bagi bayi Anda.

Meski warna dan bentuknya tidak seperti ASI matang, kolostrum memberi lima keajaiban bagi tubuh si kecil, sebagaimana dilansir dari The Health Site, Jumat (3/8).

1. Pusat nutrisi

Kolostrum penuh dengan antibodi dan nutrisi penting yang rendah kandungan lemak, tinggi protein, tinggi karbohidrat, tinggi vitamin K, dan mudah dicerna.

2. Vaksinasi alami

Antibodi dalam kolostrum jauh lebih baik dari antibodi yang diperoleh dari susu mana pun, sehingga membangun kekebalan tubuh si kecil dan melawan sejumlah infeksi. Kolostrum juga tinggi leukosit atau sel darah putih yang melindungi bayi dari infeksi bakteri dan virus selama beberapa hari pertama kehidupannya. Kolostrum memproteksi bayi dari pneumonia, bronkitis, sampai sel darah putih diproduksi sendiri tubuh bayi Anda.

3. Mudah dicerna

Kolostrum menjadi makanan pertama untuk bayi yang paling mudah dicerna. Ahli kesehatan juga percaya protein dalam kolostrum memberikan perasaan nyaman pada bayi sehingga memungkinkan si kecil tidur lebih nyenyak.

4. Baik untuk otak

Nutrisi seperti zinc, kalsium, vitamin A, B6, B12, dan K yang terkandung dalam kolostrum sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi keseluruhan. Kolesterol tinggi dalam kolostrum membantu tumbuh kembang sistem saraf bayi.

5. Pencahar

Kolostrum adalah pencahar terbaik untuk bayi saat si kecil mengeluarkan feses pertamanya yang disebut mekonum. Kolostrum mengusir bilirubin dan menghindari kemungkinan bayi terkena penyakit kuning (neonatal jaundice).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement