Jumat 20 Jul 2018 20:59 WIB

10 Makanan Sempurna yang Direkomendasikan Ahli Nutrisi (1)

Bawang putih dan alpukat dianggap makanan super alami yang mengandung banyak manfaat

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Buah Blueberry
Foto: botanus.com
Buah Blueberry

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang berpikir kedelai itu makanan sehat dan sempurna, namun ada yang berpikir itu 'racun' bila dimakan terlalu banyak. Beberapa orang berpikir buah termasuk dalam pola makan yang sehat, namun yang lain berpikir mengandung gula yang tinggi.

Kemudian beberapa orang berpikir bahwa susu harus dijauhi karena lemak, dan yang lain berpikir bahwa yogurt Yunani makanan sempurna. Semua informasi yang bertentangan ini dapat membuat konsumen sangat frustrasi. 

Tidak usah merasa bingung, berdasarkan laman The Thirty, berikut sejumlah makanan sehat yang telah dirangkum, dan dapat menjadi saran baru bagi Anda. Ini adalah makanan sehat yang telah disetujui 100 persen dari para ahli gizi:

 

photo
Blueberry merupakan salah satu buah yang rendah kandungan gulanya dan baik bagi diet Anda.

1. Blueberry

Michelle Babb, ahli diet dan penulis Anti-Inflammatory Eating for a Happy, Healthy Brain mengatakan, ada setidaknya 15 jenis fitonutrien yang ditemukan dalam blueberry dan semuanya adalah antioksidan kuat yang melindungi hampir setiap sistem dalam tubuh. Antioksidan menjaga kerusakan sel, jaringan, dan otot dan penting untuk kesehatan jantung, kesehatan otak, dan pemulihan olahraga.

 

photo
Sayuran Hijau (Ilustrasi)

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau gelap seperti bayam dan kale adalah kategori makanan lain yang tidak dapat disalahkan ahli gizi. "Sayuran hijau berdaun rendah dan padat nutrisi," jelas Shipa Ravella, MD, seorang ahli gastroenterologi dan spesialis nutrisi di Columbia University Medical Center. Beberapa nutrisi kuat yang mengandung hijau daun termasuk "vitamin A, C, dan K, folat, kalium, magnesium, kalsium, besi, lutein, dan serat," kata Dina Garcia, ahli diet, ahli gizi, dan pendiri Vida Nutrition.

 

photo
Buah alpukat.

3. Alpukat

Ahli diet dari semua latar belakang memasukkan alpukat sebagai salah satu makanan sehat di dunia. Bahkan, dari 17 ahli gizi  lebih dari setengah dari mereka menyebut alpukat sebagai salah satu dari tiga makanan paling sehat di dunia. 

Daryl Gioffre, DC, seleb ahli gizi mengungkapkan, alpukat benar-benar makanan yang sempurna. Alpukat kaya vitamin K, C, B5, dan B6, serta mineral utama. Bahkan, mereka mengandung lebih banyak potasium daripada pisang tanpa semua gula. Mereka juga tinggi serat, jadi mereka membantu menjaga kesehatan pencernaan. 

 

photo
Konsumsi kacang-kacangan dapat membantu merampingkan perut

4. Kacang-kacangan

Ahli gizi setuju bahwa kacang-kacangan adalah "pembangkit nutrisi". Menurut Vandana Sheth, ahli diet terdaftar, kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang sangat baik, tinggi serat, dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, manajemen gula darah, serta manajemen berat badan. Kacang-kacangan juga bagus untuk menjaga saluran pencernaan Anda berjalan lancar.

 

photo
Bawang putih, salah satu peningkat daya tahan tubuh

5. Bawang putih

Bawang putih adalah makanan lain yang dapat disetujui oleh semua ahli nutrisi. Bawang putih benar-benar salah satu makanan super alami. Ini mengandung Allicin, sebuah fitokimia yang memiliki banyak khasiat obat. Bawang putih sangat bagus untuk melawan virus, bakteri jahat, dan jamur. Bahkan, telah terbukti dapat mengurangi flu berkepanjangan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement