Selasa 15 Nov 2022 06:30 WIB

5 Manfaat Konsumsi Blueberry Bagi Tubuh

Blueberry memiliki serat alami dan kandungan antioksidan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Blueberry
Foto: PxHere
Blueberry

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Blueberry adalah salah satu buah yang banyak disukai. Dilansir dari eatthis, manfaat blueberry sangat banyak.

Blueberry memiliki serat alami, mengandung rasa manis alami dan memiliki kandungan antioksidan. Berikut lima manfaat jika konsumsi buah blueberry yaitu :

Baca Juga

Meningkatkan kesehatan

Tidak peduli berapa usia Anda, penelitian menunjukkan bahwa antosianin (pigmen yang ditemukan dalam blueberry) dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif. Untuk anak-anak, data menunjukkan bahwa anak berusia 7 hingga 10 tahun bisa melakukan tugas kognitif lebih baik setelah mengkonsumsi minuman blueberry.

Efek positif pada memori kerja terlihat di antara orang dewasa yang lebih tua yang mengkonsumsi antosianin juga. Secara khusus, data telah menunjukkan bahwa mengonsumsi blueberry setiap hari selama enam bulan bisa membantu meningkatkan kecepatan pemrosesan informasi pada orang dewasa yang lebih tua.

Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian di Amerika Serikat. Data menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan antosianin (pigmen yang memberi warna biru pada blueberry) dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Satu studi menunjukkan bahwa makan sekitar satu cangkir blueberry setiap hari mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 15 persen di antara populasi penelitian.

Meningkatkan Manajemen Glukosa

Salah satu manfaat blueberry adalah meningkatkan manajemen glukosa pasca makan. Sebuah penelitian yang mengamati tiga kelompok antosianin yang berbeda menemukan bahwa blueberry dapat membantu menginduksi sekresi insulin yang merupakan masalah umum bagi penderita diabetes tipe 2.

Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Mengurangi asupan natrium mungkin merupakan langkah terbaik untuk menurunkan tekanan darah. Namun, makan blueberry juga bisa menjadi alternatif.

Dalam studi delapan minggu, orang dengan risiko tinggi penyakit jantung dan yang memiliki obesitas mengalami penurunan tekanan darah 4 sampai 6 persen setelah mengonsumsi blueberry beku-kering setiap hari selama delapan minggu.

Mengurangi Risiko Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional dapat terjadi karena berbagai alasan. Beberapa data menunjukkan bahwa pilihan makanan dapat memengaruhi risiko beberapa orang terkena kondisi ini.

Secara khusus, data menunjukkan bahwa wanita hamil yang makan 280 gram blueberry setiap hari, bersama dengan 12 gram serat larut tambahan menghasilkan penurunan risiko terkena diabetes gestasional. Pertambahan berat badan ibu secara signifikan lebih sedikit di antara mereka yang makan blueberry dan suplemen serat dibandingkan mereka yang tidak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement