Selasa 12 Jun 2018 14:35 WIB

Steak Keju Hitam Lokal yang Terkenal di Mancanegara

Keju hitamnya dipastikan halal dan sudah tersertifikasi.

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Willie Brothers Gunakan Keju Hitam Lokal Bersertifikat Halal.
Foto: Republika/Nora Azizah
Willie Brothers Gunakan Keju Hitam Lokal Bersertifikat Halal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyantap steak daging dengan saus barbeque atau lada hitam sudah cukup biasa. Namun, apa jadinya bila empuknya daging steak disiram dengan keju mozzarella? Apalagi keju tersebut berwarna super hitam.

Sebuah restoran khusus steak dan keju Willie Brothers membuat sebuah inovasi baru terhadap penganan daging bakar tersebut. Berdiri sejak 2016, restoran memang sudah fokus menggarap menu potongan daging bakar dengan siraman beragam jenis keju. Namun tahun ini, keju hitam menjadi menu baru yang 'aneh' bagi penikmatnya.

Willie Brothers menyajikan steak dengan siraman keju hitam yang meleleh. Warna hitam keju berasal dari kandungan activated carcoal atau zat arang aktif. Willie Brothers menggunakan bahan arang bambu pada campuran keju. Bersama mitra pembuat keju, Willie Brothers melakukan riset keju hitam selama berbulan-bulan demi memperoleh komposisi yang bagus.

"Kami mencampur zat arang aktif dengan kombinasi yang baik dan aman konsumsi," kata Brand Supervisor Willie Brothers Robin Liao dalam acara peluncuran menu Steak Keju Hitam Willie Brothers di Jakarta, beberapa waktu lalu. Dengan demikian, pengunjung tidak perlu khawatir dengan keju hitam yang aman konsumsi.

photo
Willie Brothers Siap Menjamu Pencinta Steak Dengan Varian Baru 'Steak Keju Hitam'.


Menu baru yang diberi nama Willie Steak 200 gr with Venom Cheese menggunakan keju mozzarella hitam bersertifikat halal Majelis Ulama Indonesia (MUI). Robin mengungkapkan, penggunaan keju halal akan membuat konsumen Indonesia mayoritas beragama Islam bisa lebih nyaman menyantap penganan keju. Selain sertifikat halal, keju juga memiliki izin penggunaan aman konsumsi.

Rasa keju hitam tidak jauh berbeda dengan mozzarella pada umumnya. Sebab, keju hitam memang dibuat dengan cara pembuatan keju mozzarella. Hanya saja ketika disantap, keju hitam terasa lebih padat dan memiliki aroma arang cukup kuat. Lelehan keju juga lebih padat dan menempel sehingga tidak lumer seperti mozzarella.

Komposisi keju yang cukup padat membuatnya bisa membeku apabila tidak dikonsumsi dalam waktu cepat. Itu sebabnya Willie Brothers menyajikan steak di atas hot stone atau sejenis batu tahan panas yang bisa mempertahankan panas hingga satu jam. Dengan demikian penikmat steak tidak perlu buru-buru menghabiskan makanan.

photo
Salah Satu Hidangan Cuci Mulut Chef Recommended Willie Brothers 'Original Pancake'.


Cara penyajian keju hitam juga cukup unik. Setelah menu daging steak terhidang di atas meja pengunjung, salah seorang pramuniaga akan datang membawa satu balok keju hitam besar. Kemudian lelehan keju akan dituang di hadapan pengunjung. Keju dilelehkan dengan menggunakan mesin khusus sehingga lebih segar tersaji.

Penyajian tersebut yang membuat menu steak keju hitam Willie Brothers terdengar sampai ke mancanegara. Tidak heran bila menu yang diluncurkan pada Mei 2018 tersebut viral di media sosial. Bahkan steak keju hitam sudah diliput banyak media luar negeri, seperti Metro UK dan Fox News. "Kami cukup bangga dengan respons tersebut, keju kami asli buatan Indonesia," lanjut Robin.

Selain dituang di atas steak, Venom Cheese juga isa dipesan pada menu Beef Burger with Venom Cheese dan Creamy Garlic Rice with Venom Cheese. Hanya saja pada dua menu tersebut keju sudah lebih dulu dituang di dapur, tidak seperti menu steak. Pengunjung juga bisa memesan campuran keju hitam pada menu lain yang dijual terpisah.

Untuk teman makan keju hitam, Original Pancake cocok sebagai menu pencuci mulut. Kemudian minuman Hulk Drink Mango juga bisa menyegarkan mulut. Minuman berwarna hijau tersebut terbuat dari campuran mangga dan book choy beraroma segar. Willie Brothers membanderol menu-menu kreatifnya mulai dari Rp 75 ribu per porsi.

photo
'Hulk Drink Mango', Minuman Mangga Bercampur Bok Choy Menjadi Minuman Best Seller Willie Brothers.



 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement