Kamis 07 Jun 2018 00:55 WIB

Berapa Banyak Langkah Ideal Berjalan Cepat?

Berjalan cepat merupakan cara murah dan terbaik untuk menjaga tubuh bugar.

Rep: MGROL102/ Red: Yudha Manggala P Putra
[Ilustrasi] Perempuan berolahraga. Saat ini, kepedulian perempuan Indonesia terhadap kesehatan masih kurang.
Foto: Republika/Prayogi
[Ilustrasi] Perempuan berolahraga. Saat ini, kepedulian perempuan Indonesia terhadap kesehatan masih kurang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berjalan cepat, selain murah juga merupakan cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Ia menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari menurunkan berat badan hingga menurunkan risiko tekanan darah dan diabetes.

Namun, berapa langkah yang perlu dilakukan dalam sehari untuk memperoleh hasil yang optimal?

Seperti dilansir Time Now News, Selasa (5/6), penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan adalah latihan terbaik untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular bagi individu yang menjalani gaya hidup yang pasif. Untuk itu, disarankan seseorang setidaknya menerapkan 10.000 langkah per hari.

Meski begitu, menetapkan sasaran sebanyak 15.000 langkah akan jauh lebih baik. Khususnya bagi mereka yang ingin dokus menjaga kesehatan jantung.

Ini mungkin terdengar sulit pada awalnya. Namun, ada beberapa trik sederhana mengatasinya, misalnya menerapkan 15.000 langkah menjadi tiga kali 20 menit saat berjalan setiap harinya daripada sekali jalan.

The American Heart Association juga merekomendasikan agar orang dewasa melakukan 30 menit aktivitas fisik per hari, setidaknya 150 menit aktivitas per minggu atau 75 menit aktivitas kuat per minggu untuk memperoleh manfaat yang optimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement