Sabtu 14 Apr 2018 05:31 WIB

Taliwang Bali, Sajikan Masakan Autentik Bali dan Lombok

Menu yang tersaji dimasak menggunakan resep turun temurun sang pemilik restoran.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Beragam makanan khas Bali dan Taliwang tersaji di restoran Taliwang Bali.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Beragam makanan khas Bali dan Taliwang tersaji di restoran Taliwang Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satu lagi tempat makan baru hadir di Jakarta, Taliwang Bali menyajikan makanan khas Bali dan Taliwang. Kegemaran orang Jakarta berlibur ke Bali telah menyebabkan kegemaran pula akan kuliner Bali.

Pemilik restoran Taliwang Bali, Francisca Renny, menjelaskan kehadiran restoran ini didasari oleh keprihatinannya terhadap masakan Bali yang sudah mulai bergeser. Saat ini menurutnya makanan Bali sudah menjadi makanan fusion yang bercampur dengan gaya barat.

"Bali sudah menjadi multiculture city. Sudah banyak turis mancanegara ke Bali. Sudah ada terobosan masakan. Terutama di daerah turis. Bali autentik sudah jadi Bali fusion. Citarasa mereka sudah disesuaikan dengan lidah turis mancanegara," ungkapnya.

photo
Beragam makanan khas Bali dan Taliwang tersaji di restoran Taliwang Bali.

Karena itulah ia ingin mengembalikan makanan Bali yang asli. Fransica berasal dari keluarga Bali, ia sangat akrab dengan masakan khas Bali dan Lombok. Menu yang tersaji di restorannya merupakan hidangan yang selalu ada setiap hari di rumahnya. Makanan yang disajikan di restorannya adalah resep keluarga, turun temurun dari nenek moyangnya.

Selain itu, masakan Bali dan Lombok yang autentik, kaya akan bumbu dan memiliki rasa yang dominan belum banyak dijumpai di pusat belanja terkemuka di Jakarta. Sehingga para pecinta kuliner Bali-Lombok sulit untuk mendapatkan masakan khas Bali-Lombok. Karena itulah ia memberanikan diri untuk menghadirkan restoran yang bernama Taliwang Bali ini khususnya di Jakarta dengan mengembangkan resep warisan dari keluarga yang sudah turun temurun.

"Ada banyak keragaman dari kuliner khas Bali. Setiap daerah-daerah di Bali mempunyai ciri khas kuliner masing-masing yang berbeda satu dengan lainnya. Kami ingin konsumen lebih mengenal tiap daerah yang berada di Bali dengan keunikan-keunikannya, sehingga kami juga menghadirkan kuliner yang terkenal di setiap daerah tersebut," ujarnya.

photo
Beragam makanan khas Bali dan Taliwang tersaji di restoran Taliwang Bali.

Makanan Bali dan Lombok yang disajikan di restorannya berupa Ayam Betutu dan Bebek Betutu Gianyar, Ikan Nyat Nyat dari Bangli, Nasi Campur Bali dari Kedewatan, Sop Ikan Sanur, Tipat Cantok, dan masih banyak lainnya.

Sedamh menu khas Lombok andalan di Taliwang Bali antara lain yaitu Ayam Bakar Taliwang, Ayam Sasak, Ayam Bakar Plecing, serta Plecing Kangkung. "Total menu yang kami miliki yaitu sekitar 80 jenis ragam menu makanan dan minuman khas Bali dan Lombok. Di Taliwang Bali, semua menu yang disajikan adalah halal," tambahnya.

Saat ini Taliwang Bali telah membuka tiga cabang restoran yang berada di Mal Grand Indonesia, Mal Pacific Place, dan Mal Emporium Pluit dengan konsep interior bernuansa Bali modern dan dengan suasana seperti rumah Bali yang nyaman, sembari diiringi musik tradisional Bali. Sehingga pengunjung yang datang juga dapat membayangkan sedang berada di Bali.

Harga yang ditawarkan Taliwang Bali untuk makanan mulai dari Rp 55 ribu sampai Rp 115 ribu. Sedangkan minuman mulai dari Rp 13 ribu sampai Rp 34 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement