Ahad 08 Apr 2018 13:36 WIB

Sekarang Ada Menu Rendang Krispi di Restoran Malaysia

Sang koki mengatakan rendang krispi tidak ada, tapi ia bisa membuatnya.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari
Nasi lemak dan rendang ayam khas Malaysia.
Foto: AP
Nasi lemak dan rendang ayam khas Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Rendang ayam krispi sekarang menjadi sesuatu yang sangat populer berkat kontroversi di ajang MasterChef Inggris. Jika keributannya membuat Anda ingin melahapnya, kini sebuah restoran Damansara Heights, Kuala Lumpur, menyajikannya.

Mantan Juri MasterChef Malaysia, Johari Edrus, menunjukkan bagaimana ia menyiapkan hidangan tersebut di Symphony, restorannya sendiri yang terletak di Mal Kota Damansara. "Yang benar, rendang ayam tidak krispi tapi saya bisa membuat 'keajaiban'," kata koki ini dalam sebuah video pendek Facebook saat ia melapisi potongan rendang ayam yang dimasak dalam tepung, dilansir dari laman The Malay Mail Online, Ahad (8/4).

Kemudian ia memindahkan potongan ayam yang dilapisi tepung ke dalam mangkuk adonan lainnya. Ia mengatakan, ayam harus dilapisi dengan baik karena ingin membuatnya renyah. Lalu goreng daging dalam minyak yang dipanaskan hingga 117 derajat celsius. Goreng selama beberapa menit, dan hilangkan kelebihan minyak.

"Datang dan coba rendang ayam Crispy Jo hari ini! Tersedia dalam jumlah terbatas dan hanya pada hari kerja," tulisnya di unggahan terlampir.

Juri MasterChef UK, John Torode dan Gregg Wallace, menyebabkan kegemparan internasional setelah mengkritik salah satu kontestan bernama Zaleha karena menyajikan nasi lemak dengan rendang ayam yang tidak memiliki kulit yang krispi. Zaleha berasal dari Malaysia namun bertanding di Inggris.

"Saya suka rasa rendang, ada rasa manis kelapa. Namun, kulit ayamnya tidak crispy. Itu tidak bisa dimakan dan semua saus ada di kulit jadi saya tidak bisa memakannya," kata Wallace.

Wallace kemudian berkata bahwa, berarti ayam itu tidak dimasak dengan baik. "Saya bilang kulitnya tidak krispi. Saya tidak bermaksud itu tidak digoreng seperti ayam goreng. Yang saya maksud adalah itu tidak dimasak. Itu tidak dimasak," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement