Ahad 08 Apr 2018 12:18 WIB

Koki MasterChef Akhinya Buka Suara Soal Rendang Krispi

Zaleha merasa sudah memasak rendang dengan cara yang dikenal orang Malaysia.

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Rendang ayam
Foto: EPA
Rendang ayam

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Ajang kompetisi MasterChef Inggris menuai sedikit perdebatan. Usai tereliminisasinya koki asal Malaysia, Zaleha Kadir Olpin, para juri menilai masakan sang koki berbeda dari sejarah kuliner. Sebelum ke luar dari kompetisi, Zaleha menyajikan nasi lemak tanpa bersanding lauk rendang ayam yang kulitnya krispi.

Masakan Zaleha tidak membuat kesan baik bagi juri Greg Wallace dan John Torode. Kedua juri menilai, nasi lemak seharusnya disajikan dengan rendang ayam kulit kering. Namun sang koki tidak merasa harus demikian. "Saya membuatnya berdasarkan resep yang dibuat oleh ibu saya," kata Zaleha seperti dilansir The Malay Mail Online.

Zaleha mengatakan, ia memasak nasi lemak sesuai dengan masakan sang ibu. Nasi lemak tersebut juga dimasak seperti orang Malaysia membuatnya.

"Saya merasa kecewa karena nasi lemak merupakan masakan kebanggaan bangsa kami," lanjut Zaleha. Nasi lemak menjadi sajian favorit masyarakat Malaysia. Zaleha tidak merasakan penyesalan atas sajiannya tersebut.

Tayangan MasterChef tersebut mendapat tanggapan dari beberapa negara, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Australia. Salah satunya dari koki ternama Malaysia, Datuk Redzuawan Ismail. Koki yang dikenal dengan nama Chef Wan tersebut bahkan memanggil Wallace dan Todore 'cuek'.

Zaleha memasak martabak untuk tantangan pertamanya. Ia lalu lolos ronde kedua dengan masakan ikan dengan gulai Pahang dan nasi tomat. "Saya mendapat komentar sangat positif untuk masakan tersebut," katanya.

Ia merasa bersyukur bisa masuk dalam kompetisi MasterChef. Baginya ajang tersebut merupakan kesempatan untuk memperlihatkan bakatnya sekaligus mengenalkan makanan negaranya.

Perhatian dari warga negara Malaysia, bahkan Indonesia dan Singapura, yang membela Zaleha tak disangkanya. "Saya merasa sangat bersyukur," ujarnya, menanggapi banyak dukungan untuknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement