Selasa 03 Apr 2018 16:33 WIB

Gara-Gara Rendang, Warganet Kritik Juri MasterChef Inggris

Juri bule dianggap sok tahu karena kritiknya tentang rendang salah kaprah.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Indira Rezkisari
Chef John Torode
Foto: ist
Chef John Torode

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Gara-gara rendang, warganet Malaysia dan Indonesia mengkritik habis-habisan juri reality show MasterChef Inggris. Pasalnya, kedua juri acara tersebut mengkritik seorang kontestan dengan menyebut rendang ayamnya tidak 'renyah'.

Dalam acara tersebut, juri Chef John Torode dan Gregg Wallace mengatakan rendang ayam buatan Zaleha Kadir Olpin membutuhkan kulit yang renyah. Masakan tersebut disajikan sebagai pendamping nasi lemak, hidangan khas Malaysia.

"Saya suka rasa rendang, ada rasa manis santan. Tapi kulit ayamnya tidak renyah. Tidak bisa dimakan dan semua saus ada di kulit sehingga saya tidak bisa memakannya," kata Wallace.

Sementara itu Torode menyebut ayam rendangnya salah dan mengatakan dia tidak punya waktu cukup untuk memasak sehingga menjadikan ayam lunak. Penilaian tersebut membuat Zaleha tereleminasi.

Seorang warganet, Sujita Soorian menanggapi hal itu di Facebook. "Rendang ayam yang renyah? Apakah para juri berpikir bahwa ini adalah fish and chips (makanan khas Inggris)? Menyebut diri 'koki selebritas' ketika mereka hanya tahu tentang makanan dari budaya mereka sendiri. Pengetahuan tentang masakan yang begitu terbatas dari seluruh dunia. Mmereka benar-benar memalukan," tulisnya seperti dilansir dari BBC, Selasa (3/4).

Jurnalis Malaysia dan penulis makanan Jahabar Sadiq sependapat, mengatakan agar hidangan harus renyah daripada lunak dan lembut adalah ofensif. "Mereka jelas tidak akrab dengan makanan dari belahan lain dunia karena jika mereka tahu, mereka mengerti seperti apa sebenarnya nasi lemak," katanya kepada BBC News dari Kuala Lumpur.

"Ayamnya renyah? Tidak. Dagingnya harus lembut dan itu adalah hasil dari memasak selama berjam-jam. Banyak orang mengasosiasikan ayam dengan digoreng tapi tidak ada keahlian. Tapi ini rendang ayam, bukan KFC jadi semuanya bermuara pada bagaimana koki mengendalikan bumbu dan api. Jumlah santan juga menjadi kunci."

Rendang disajikan bersama nasi lemak, sering dianggap sebagai hidangan nasional tidak resmi Malaysia (juga ditemukan di Singapura). Hidangan ini terdiri dari nasi yang disiram santan disertai dengan berbagai bahan seperti telur goreng, irisan mentimun, teri goreng kecil, kacang tanah, dan tumis pedas serta sambal, dan disajikan dalam daun pisang.

Versi hidangan yang lebih mewah disajikan dengan rendang ayam atau daging sapi, kari Asia Tenggara yang kaya dan dibuat dengan merebus daging dalam santan dan rempah-rempah sampai menjadi lunak. Zaleha sudah menampilkan kesan baik untuk para juri dengan masakan Asia Tenggara-nya. Dia berbagi kenangan indah tentang hidangan itu, mengatakan masakan ini adalah hal pertama yang ibunya masak untuk suaminya ketika Zaleha membawanya pulang untuk bertemu orang tuanya. Dan makanan itu juga favoritnya di masa kecil.

Torode pun menulis di akun Twitter-nya: "Mungkin Rendang adalah makanan Indonesia!! Saya suka ini!! Senang melihat kalian bersemangat .. Namaste".

Ucapannya ini justru malah semakin membuat warganet kesal. "Mencoba membuat orang Malaysia dan Indonesia ribut karena rendang? Tidak, kami akan bersatu," kata akun @g_rentarou88.

"Berhenti mempermalukan diri sendiri. Tapi tanyakan kepada orang Malaysia atau Indonesia apa sebenarnya rendang ayam. Kami punya sesuatu yang otentik. Anda mungkin tidak salah, tetapi hanya karena Anda tidak tahu hal yang sebenarnya. Jadi jangan bilang namaste'," kritik warganet Indonesia akun @klubbkiddkl.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement