Senin 02 Apr 2018 12:42 WIB

Cukup Ingat 5 Hal Ini Supaya Bahagia Setiap Hari

Kita sering menyalahkan diri sendiri atas hal-hal yang tak begitu penting

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Tersenyum bikin hidup lebih bahagia.
Foto: Dailymail
Tersenyum bikin hidup lebih bahagia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyaknya tekanan, standar tinggi kehidupan, dan gaya hidup super sibuk membuat kita sering melupakan semua hal indah, unik, dan berharga yang kita punya. Kita sering menyalahkan diri sendiri atas hal-hal yang tak begitu penting dan merasa seolah-olah ada yang salah dengan diri kita.

Apakah Anda sering terlarut dalam sedih berkepanjangan? Berikut lima pengingat kecil supaya Anda bisa merasa bahagia setiap menit dalam kehidupan, dilansir dari Womanitely, Senin (2/4).

Sedih itu biasa

Hidup siklusnya selalu naik turun. Gaya hidup sibuk, masalah keuangan, gangguan kesehatan, dan masalah dalam hubungan bisa saja mengubah suasana hati Anda dari positif menjadi negatif hanya dalam semenit.

Jika Anda kurang bahagia sekarang, ingatlah bahwa itu tidak apa-apa. Tidak ada yang salah dengan Anda karena merasa sedih itu biasa. Pastikan saja Anda tidak melulu terjebak dalam perasaan yang sama. Temukan cara untuk membuat Anda bahagia lagi.

Hidup Anda adalah milik Anda

Mungkin saja teman Anda menjalani kehidupan lebih baik, seperti lebih kaya, mampu membeli apa saja yang diinginkan. Mungkin saja teman Anda memiliki hubungan bahagia dengan pasangan, sementara Anda berjuang dalam kesepian. Perbandingan ini berguna sebab bisa memotivasi Anda sampai batas tertentu. Jika semua hal ini membuat Anda merasa rendah diri, sekarang saatnya mengingat bahwa hidup Anda adalah milik Anda. Anda satu-satunya yang berhak memutuskan bagaimana cara menjalaninya.

Perlakukan diri dengan cinta kasih

Bisakah Anda menyebutkan hal-hal baik apa saja yang Anda lakukan untuk orang lain? Anda mungkin mengurus keluarga, membantu teman, mengurus hewan peliharaan, menjalankan bisnis bos, dan membantu orang asing. Sekarang, bisakah Anda menyebutkan hal-hal baik apa saja yang sudah Anda lakukan untuk diri sendiri?

Bagaimana Anda memperlakukan diri sendiri?

Sangat penting bersikap baik kepada diri sendiri dan melakukan hal-hal baik yang bisa membuat Anda bahagia. Hanya karena teman sekamar tidak suka Anda bernyanyi di kamar mandi, bukan berarti Anda harus berhenti melakukannya. Selalu ada kompromi yang bisa dipertemukan.

Ada yang lebih buruk dari Anda

Anda merasa bersalah karena pernah membiarkan hal-hal buruk terjadi di sekitar Anda. Tapi, Anda perlu mengingatkan diri sendiri bahwa orang lain pernah melakukan hal sama, bahkan mungkin lebih buruk dari Anda.

Hal-hal kecil, seperti sinar matahari pagi, langit buru, rumput hijau, bahkan secangkir kopi lezat dapat membuat perbedaan besar untuk mengubah perasaan Anda. Setelah itu, Anda perlu belajar untuk memperbaiki diri dengan lebih peduli pada orang-orang di sekitar Anda.

Anda tak perlu alasan untuk tersenyum

Biasakan memulai hari Anda dengan senyuman. Itu sederhana. Setelah bangun pagi, tersenyum dan ucapkan 'selamat pagi' untuk diri sendiri. Anda pasti terkejut dengan energi positif yang didapatkan setelahnya. Tersenyum tak selalu butuh alasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement