Rabu 14 Mar 2018 17:25 WIB

Tiga Restoran Ini Turut Serta di Festival Good France

Amuz memilih menyajikan menu Prancis klasik.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Escargot, kuliner dari bekicot khas Prancis.
Foto: pixabay
Escargot, kuliner dari bekicot khas Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang tahunan Festival Good France kembali digelar serentak di dunia pada 21 Maret mendatang. Tidak ketinggalan, Indonesia turut berpartisipasi menghadirkan kuliner cita rasa Prancis bersama puluhan negara lainnya.

Berbeda dari tahun lalu yang hanya diselenggarakan di lima kota, di Indonesia, festival gastronomi ini hadir di 10 kota. Selain itu menu yang dihadirkan pun semakin beragam.

"Chef yang berpartisipasi juga semakin kreatif," ujar Direktur Pelaksana Festival Good France Indonesia, Margot de Groot van Embden, dalam konferensi pers di Insitute Prancis di Indonesia (IFI), Selasa (12/3).

Di Indonesia, puluhan restoran akan menyajikan berbagai kuliner cita rasa Prancis salah satunya di restoran Amuz Gourmet. Restoran yang setiap tahun tidak pernah absen mengikuti festival ini akan memilih menghadirkan makanan klasik Prancis. "Biasanya restoran lain menghadirkan menu fusion, kami menghadirkan sesuatu yang klasik agar komunitas Prancis merasa seperti berada di kampung halaman mereka," ujar Maya dari Amuz Gourmet.

Sama halnya dengan Amuz Gourmet, restoran Anigre mencoba menghadirkan rumah bagi komunitas Prancis Tanah Air dengan menyajikan masakan menggunakan bahan-bahan yang diimpor langsung dari Prancis seperti keju. Selain itu Anigre juga memadukan citarasa Prancis dengan masakan khas Indonesia. Misalnya untuk sajian main course, Anigre menghadirkan menu dagung, Slow Braised Beef Ribs, yang dimasak seperti rendang namun tidak pedas.

Lain halnya dengan Ninety-Nine. Restoran yang bisa ditemukan di Grand Indonesia ini menghadirkan menu lokal Indonesia namun diolah menggunakan teknik Prancis. Beberapa varian menunya yaitu Tarte Kacang dengan Gado Gado Salad, Sop Buntut Rawon Tarvioli Terbuka, serta ada pula minuman Kelapa Jawa Creme Brulee, Pandan Es Krim dan Biscoti Kelapan.

Di Indonesia, berbagai menu khas Prancis ini dihadirkan dalam beberapa hari tergantung penawaran masing-masing restoran. Untuk harganya bervariasi mulai dari menu ala carte yang dibanderol Rp40-an ribu hingga set menu yang mencapai Rp 1,3 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement