Rabu 14 Mar 2018 15:28 WIB

Marlina Buka Festival Film Perempuan di Prancis

Internasional films de femmes ke-40 di Créteil.

Dea Panendra (paling kiri) di salah satu adegan film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak.
Foto: ist
Dea Panendra (paling kiri) di salah satu adegan film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak.

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Film Marlina, Si Pembunuh Empat Babak, mendapat kehormatan menjadi pembuka Festival Internasional Film Perempuan ke-40 di Prancis. Puluhan film dari seluruh dunia mengikuti festival ini.

Festival internasional films de femmes digelar di Créteil, sekitar 20 km di tenggara Paris, tepatnya Maison des Arts de Créteil selama 9-18 Maret. Atase Pendidikan KBRI Paris Surya Rosa Putra kepada Antara London, Rabu (14/3), mengatakan sekitar 1.000 penonton memadati bioskop utama ini tidak beranjak sepanjang Marlina diputar.

Pembukaan festival juga dimeriahkan Tari Panyembrana yang dibawakan Ary Dean, Kadek Puspasari, Ni Luh Puspasari dan Putu Parret. Jackie Buet menyebutnya sebagai kejutan yang disumbangkan KBRI Paris.

Festival International de Films de Femmes Créteil lahir pertama kali tahun 1979 dari dua tangan wanita Prancis, Jackie Buet dan Elisabeth Tréhard. Masing-masing mantan guru dan pengurus salah satu Pusat Budaya di Prancis.

Festival awalnya bertujuan untuk membantu para sutradara perempuan yang baru dalam pembuatan dan penyebaran film pertama mereka di tengah kondisi perfilman yang didominasi oleh sutraradara laki-laki.

Dalam perjalanannya festival ini menjadi salah satu ikon representasi komitmen keikutsertaaan perempuan dalam pengembangan peradaban, terutama dalam aspek artistik, historik, politik maupun sosial. Festival juga menjadi simbol perjuangan perempuan dalam perang melawan diskriminasi gender, ras, budaya dan starata sosial, terutama dalam perfilman.

Sebanyak 42 film ikut serta dalam kompetisi tahun ini. Film-film tersebut dikelompokkan dalam empat kategori, masing-masing adalah film fiksi panjang, film dokumenter panjang, film fiksi pendek dan film fiksi khusus yang disutradarai oleh perempuan Eropa.

Selain pemutaran film-film kompetisi, festival juga menyelenggarakan serangkaian kegiatan, seperti debat, pameran, workshop untuk para siswa, dan pemutaran film-film berkualitas tentang dari dan tentang perempuan.

Pemutaran film Marlina Si Pembunuh Empat Babak tidak lepas dari penampilannya yang mengejutkan di Quinzaine des Realisateurs Festival Film Cannes 2017 lalu. Penampilan ini membuahkan empat nominasi dan mendapatkan penilaian positif dari berbagai media film Prancis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement