Sabtu 21 Apr 2018 22:31 WIB

Film Indonesia “Marlina” Jadi Pembuka Festival di Belgia

Film Marlina Pembunuh dalam Empat Babak akan diputar di bioskop di Belgia pada Juni.

Marsha Timothy di film Marlina.
Foto: ist
Marsha Timothy di film Marlina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- "Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak" karya sutradara Mouly Surya menjadi film pembuka dalam rangkaian Festival Film MOOOV yang diselenggarakan di delapan kota di Belgia. Salah satu film Indonesia itu menjadi sorotan publik Belgia saat ini.

Berdasarkan keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (21/4), pembukaan Festival diselenggarakan di Concertgebow Brugge pada Rabu (18/4). Sebanyak 1.000 penonton yang berasal dari Brugge maupun kota sekitarnya memenuhi theater sinema. Penonton menikmati setiap adegan film yang terdiri dari empat babak tersebut. 

Film yang berkisah seorang janda asal Sumba, Nusa Tenggara Timur, bernama Marlina yang diperankan oleh Marsha Timothy. Marlina berontak melawan ketidakadilan yang menimpa dirinya, setelah diperkosa oleh perampok di puncak perbukitan Sabana, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Cerita berlangsung miris dengan adegan tegang diselipi dengan kritik cerdas terhadap aparat kepolisian yang menangani kasus perkosaan. Cerita itu mendapatkan respons dan antusiasme dari penonton.

Malam pembukaan tersebut dibuka secara resmi oleh Wali Kota Brugge, Renaat Landuyt, Wakil Kepala Perwakilan KBRI Brussel, Dupito D. Simamora, dan sutradara film Marlina, Mouly Surya. Mouly yang sedang dalam rangkaian perjalanannya di Eropa menyempatkan diri bergabung ke Belgia dalam pembukaan Festival MOOOV.

photo
Film Marlina yang berlatar tanah Sumba. (Istimewa)

Selain di Brugge, festival juga di kota Turnhout dan Sint Niklaas. Wakepri KBRI Brussel pada sambutannya menyatakan kebanggaannya atas keberhasilan film Indonesia bersaing dengan produk film luar negeri.

Film Marlina diharapkan memberikan sisi lain keunikan dan keragaman Indonesia terutama dalam budaya dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia Timur Indonesia. Dalam pembukaan festival film tersebut, KBRI menyuguhkan kuliner khas Indonesia seperti rempeyek dan martabak dalam cocktail reception yang dipadati para penonton film tersebut.

Festival Film MOOOV berlangsung 17 -31 April 2018 diselenggarakan di berbagai kota di Belgia di antaranya Brugge, Genk, Turnhout, Beringen, Dilbeek, Lier, Sint-Niklaas, Roeselare). Sebagai kegiatan tahunan Festival Film MOOOV menayangkan lebih dari 70 film pilihan berskala internasional. Dalam setiap festival, jumlah pengunjung diperkirakan lebih dari 40 ribu pengunjung.

Film Marlina Pembunuh dalam Empat Babak akan diputar di bioskop-bioskop di Belgia pada Juni 2018.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement