Sabtu 03 Mar 2018 18:08 WIB

Lima Skenario Cegah Terjadinya Kesalahan Fatal di Oscar 2018

Academy President Cheryl Boone menyatakan tetap menggandeng PwC sebagai partner Oscar

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani
Piala Oscar
Foto: EPA
Piala Oscar

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Publik masih belum lupa akan kesalahan besar pada Oscar 2017 silam saat pemenang Best Picture jatuh ke nama yang salah. Tahun lalu, perhelatan yang juga dikenal sebagai Academy Awards itu, menobatkan Moonlight sebagai jawara kategori Best Picture. Akan tetapi presenter Warren Beatty dan Faye Dunaway rupanya memperoleh amplop yang salah sehingga mereka menyebut La La Land sebagai pemenang.

Academy President Cheryl Boone menyatakan tetap menggandeng PwC sebagai partner Oscar tahun ini kendati firma itu melakukan kesalahan di Oscar 2017.Namun demi menghindari terjadinya kesalahan fatal pada malam akbar tersebut, tahun ini penyelenggara menerapkan lima skenario baru.Dikutip dari laman Evening Standard, berikut lima skenario baru itu:

1. Tak Libatkan Brian Cullinan dan Martha Luiz

Dua nama itu adalah yang paling bertanggung jawab atas insiden tertukarnya amplop nama pemenang Oscar 2017. Oleh karena itu Cullinan dan Luiz tak akan terlibat lagi dalam penyelenggaraan Oscar mulai tahun ini dan seterusnya.

2. Swafoto Terlarang

Saat melihat aktor dan aktris tenar hilir mudik, siapa pun pastinya ingin mengajak mereka berswafoto bersama. Namun PwC melarang keras seluruh stafnya untuk melakukan itu di belakang panggung ketika malam penghargaan Oscar berlangsung.

3. Cek Berkali-Kali

Sebelum naik ke atas panggung, mereka yang ditugasi membacakan nama pemenang harus berkali-kali memastikan amplop yang dibawanya tidak salah. Mereka harus dua hingga tiga kali memastikan itu dengan para akuntan PwC.

4. Orang Ketiga

Tahun ini ada satu orang staf tambahan yang ditugaskan di control room. Ia bertugas mengecek posisi pembaca nama pemenang di panggung sekaligus membawa seluruh amplop cadangan berisi nama seluruh pemenang. Bila terjadi kesalahan saat membaca nama pemenang di panggung, orang ketiga inilah yang bertugas meralat secepat mungkin.

5. Gladi Resik Sertakan Kesalahan

Agar rangkaian acara berjalan mulus, gladi resik Oscar 2018 tak lupa menyelipkan skenario terburuk bila sewaktu-waktu terjadi kesalahan. Dengan adanya gladi resik itu diharapkan situasi bisa langsung dikuasai bila muncul kejadian tak terduga. "Tahun lalu butuh waktu lama untuk mengendalikan situasi ketika ada kesalahan nama pemenang. Jadi kami secara formal menyediakan gladi resik untuk mengantisipasi," kata Chairman PwC Tim Ryan.

 

(Baca: Kampanye Time's Up di Oscar 2018 Mulai Singkirkan Dresscode)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement