Rabu 28 Feb 2018 13:01 WIB

Cara Natasha Rizky Perlancar ASI

Perasaan bahagia dipandang sebagai modal utama memberi ASI.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Natasha Rizky
Foto: Republika/Retno Wulandhari
Natasha Rizky

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai ibu muda, aktris Natasha Rizky selalu haus akan informasi mengenai laktasi. Sebab Natasha pernah memiliki pengalaman produksi ASI yang tidak lancar.

"Saat hamil anak pertama, ASI aku sangat sedikit. Setiap kali pompa paling keluarnya 10 mili, bisa keluar sampai 60 mili saja sudah bersyukur," ujar Natasha, beberapa waktu lalu.

Natasha lalu memutar otak. Melakukan berbagai cara agar tetap dapat menyediakan ASI eksklusif untuk anaknya. Salah satunya dengan sering mengonsumsi daun katuk. Seperti diketahui, salah satu manfaat daun katuk yang paling terkenal yaitu memperlancar ASI.

Selain mengupayakan dari sisi asupan, Natasha selalu membuat dirinya meresa bahagia dan nyaman. Caranya dengan memilah teman dan lingkungan dalam bersosialiasasi.

Menurut Natasha, lingkungan yang tidak mendukung proses laktasi justru akan membuat ibu tidak nyaman dan tidak bahagia. Perasaan yang tidak nyaman ini akan berdampak pada ASI yang tidak lancar.

"Kita harus pintar memilih lingkungan. Bertemanlah dengan orang-orang yang suka mendukung dan memberikan semangat," kata Natasha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement