Rabu 21 Feb 2018 10:25 WIB

Perlukah Membasahi Sikat Gigi Sebelum Memakainya?

Dr Mitali Hariawala menjawabnya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pilih sikat gigi dengan bulu sikat halus untuk hasil optimal dalam membersihkan gigi.
Foto: wikipedia
Pilih sikat gigi dengan bulu sikat halus untuk hasil optimal dalam membersihkan gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Banyak hal diperdebatkan warganet di media sosial, baik dalam perbincangan tenang maupun sengit. Salah satunya adalah pertanyaan sederhana seperti 'perlukah membasahi sikat gigi sebelum memakainya?'

Topik yang sempat didiskusikan lewat media sosial Twitter ini dimulai oleh pemilik akun @envyteeee. Pertanyaan darinya memicu postingan banyak orang yang menginformasikan preferensi menyikat gigi masing-masing.

Namun, bagaimana sebenarnya cara menyikat gigi yang paling baik dan benar? Dr Mitali Hariawala yang menjabat sebagai manajer di perusahaan sikat gigi Quip mengungkapkan pendapatnya sebagai pakar gigi.

Menurut Hariawala, membilas sikat gigi sebelum pemakaian sangat berguna untuk membersihkan dan melembutkan bulu sikat gigi. Dengan demikian, bulu sikat tidak akan terlalu abrasif pada gigi dan gusi saat menggosok gigi.

Bulu sikat yang lembap juga memungkinkan pasta gigi menempel dengan mudah sehingga tidak jatuh saat diaplikasikan. Setelah mengoleskan pasta gigi seukuran kacang polong pun, Hariawala menganjurkan untuk membasahinya sekali lagi.

"Bilasan kedua ini akan mengaktifkan pasta gigi dengan meningkatkan kelarutannya, juga memastikan agar pasta gigi tidak jatuh begitu sikat gigi masuk ke mulut Anda," ungkapnya, dikutip dari laman Netdoctor.

Ia menganjurkan untuk menyikat gigi sedikitnya dua kali sehari masing-masing selama dua menit untuk menjaga kesehatan mulut. Jika masih tidak yakin dengan cara menyikat gigi, ia menyarankan untuk mengajukan pertanyaan kebersihan mulut ke dokter gigi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement