Rabu 07 Feb 2018 05:30 WIB

LVNG, Portal Lengkap Untuk Pasien Kanker Paru

Situs ini bisa membantu pasien kanker agar tidak tergoda iklan pengobatan alternatif.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri
Ilustrasi kanker paru
Foto: Antara
Ilustrasi kanker paru

REPUBLIKA.CO.ID, AstraZeneca Indonesia meluncurkan situs edukasi yang ditujukan untuk pasien kanker paru di seluruh Indonesia. Melalui situs Lvngwithindonesia.com, pasien kanker bisa mendapatkan informasi valid mengenai beragam hal seputar kanker paru.

"LVNG, bisa dibaca living atau lung. Mudah-mudahan bisa memberi manfaat sebesar-besarnya," ungkap Pimpinan PT AztraZeneca Indonesia Rizman Abudaeri dalam diskusi kesehatan kanker paru di Jakarta, Selasa (6/1).
 
Rizman mengungkapkan salah satu informasi yang bisa didapatkan melalui Lvngwithindonesia.com adalah informasi terkait terapi kanker paru. Situs ini juga menyediakan beragam informasi mengenai pengaturan gaya hidup dan pola makan hingga kisah perjalanan terapi dari para survivor kanker paru.
 
Tak hanya itu, pasien kanker juga bisa mendapatkan dukungan psikologis dan semangat secara tidak langsung dari para survivor atau pasien kanker paru lain. Melalui laman ini, para survivor serta pasien kanker paru juga berbagi cerita mengenai perspektif mereka dalam menjalani hidup dengan kanker paru, cara mereka mengatur keuangan hingga pergulatan emosi yang mereka rasakan selama berjuang melawan kanker paru.
 
"(Tukar informasi) antarpasien bisa, info medis ada, sampai lengkap ke olahraga dan makanan," jelas Ketua Umum Cancer Information Support Center (CISC) Aryanti Baramuli.
 
Aryanti juga menilai keberadaan situs Lvngwithindonesia.com bisa membantu pasien kanker agar tidak tergoda oleh iklan pengobatan alternatif dengan klaim berlebih maupun hoax. Hal ini penting dilakukan karena cukup banyak pasien kanker paru yang lebih memilih untuk mencoba beragam terapi tidak terstandar terlebih dahulu. Pada akhirnya mereka baru mendapatkan terapi medis ketika sudah agak terlambat.
 
 
"Selama ini banyak sekali hoax. Website ini sangat membantu supaya tidak mendapat info menyesatkan," jelas Aryanti.
 
Saat ini, beragam konten dalam laman Lvngwithindonesia.com masih ditulis dalam bahasa Inggris. Akan tetapi, dalam beberapa minggu ke depan, beragam informasi dan konten dalam Lvngwithindonesia.com akan disajikan dalam bahasa Indonesia. Ke depan, situs Lvngwithindonesia.com juga akan dikembangkan agar terkoneksi dengan Facebook.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement