Senin 05 Feb 2018 08:01 WIB

Daftar Pertanyaan Ini Bisa Jadi Sumber Motivasi

Tanya juga ke orang terdekat apa yang membuat Anda bisa termotivasi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Mencari motovasi diri bisa dilakukan dari mana saja.
Foto: Republika/Prayogi
Mencari motovasi diri bisa dilakukan dari mana saja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkadang seseorang bingung membuat pilihan dalam hidup dan karier, atau bahkan sama sekali tak tahu apa yang dia inginkan. Daftar pertanyaan berikut bisa membantu memotivasi dan memberi gambaran tentang apa sebenarnya yang Anda mau dalam hidup, dikutip dari Business Insider.

Siapa yang membuat Anda iri?

Rasa iri dan cemburu kerap dianggap sebagai hal negatif, tetapi dalam kasus ini bisa dijadikan inidikator yang cukup membantu. Mengidentifikasi beberapa orang yang membuat iri, dapat mengarah pada kesimpulan aspek spesifik dari pekerjaan atau kehidupan yang sebenarnya Anda inginkan.

Siapa sosok teladan bagi Anda?

Pikirkan tiga sosok yang menginspirasi Anda dan tuliskan mengapa Anda mengagumi mereka. Mengajukan pertanyaan sederhana ini bisa membantu Anda mengidentifikasi nilai-nilai yang Anda anut dan pada akhirnya membantu memutuskan karier impian atau tujuan hidup yang ingin dicapai.

Bakat spesial apa yang Anda miliki?

Setiap orang memiliki bakat spesial yang membuatnya unik, baik itu hal umum seperti menulis atau bicara di depan umum, sampai hal sepele seperti main sulap atau akrab dengan anak-anak. Tuliskan semuanya dan jangan berhenti hingga mencapai 10 bakat unik yang Anda miliki.

Kapan hari biasa terbaik dalam hidup Anda?

Tuliskan detail hari 'biasa' (bukan pernikahan, ulang tahun, atau liburan) yang menurut Anda terbaik dalam hidup. Misalnya, ketika hari hujan dan Anda duduk santai membaca buku selama berjam-jam, pemulihan setelah perpisahan, atau ketika berbagi dengan tunawisma.

Jika bebas berkuliah di mana saja, jurusan apa yang Anda pilih?

Tidak sedikit orang yang mengambil jurusan yang tak diinginkan saat kuliah, bisa karena masalah finansial atau tuntutan orang tua. Mengajukan pertanyaan ini akan mengungkap keinginan yang sesungguhnya, apakah itu belajar menjadi dokter, pengacara, pilot, chef, atau studi tentang bahasa.

Jika harus menjadi relawan, bidang apa yang akan Anda pilih?

Pertanyaan ini akan mengungkap bagaimana Anda menghabiskan waktu luang selain menyibukkan diri dengan gawai. Ada banyak hal kreatif yang bisa dilakukan untuk masyarakat, misalnya membantu organisasi kesejahteraan hewan, membantu di panti jompo, atau mengajar anak jalanan.

Selain pertanyaan yang telah disebutkan, Anda juga bisa bertanya, 'minat apa yang dulu Anda sukai tetapi berhenti saat beranjak dewasa?' dan 'apa yang akan Anda lakukan jika punya triiunan rupah di bank?'. Anda juga bisa bertanya kepada beberapa orang terdekat tentang apa yang membuat Anda spesial di mata mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement