Jumat 08 Apr 2016 11:33 WIB

Raih Kesuksesan dengan Tiga Trik Mendisiplinkan Diri

Disiplin diri bukan hal yang sulit, Anda hanya perlu mengetahui triknya.
Foto: pixabay
Disiplin diri bukan hal yang sulit, Anda hanya perlu mengetahui triknya.

REPUBLIKA.CO.ID, Terbiasa menjalani hidup dengan kedisiplinan diri yang tinggi akan membuat Anda memiliki banyak peluang dalam meraih kesuksesan. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam melakukan segala pekerjaan dengan baik dan membuat Anda terbiasa memiliki kemampuan bersaing dengan baik di dunia kerja yang semakin ketat.

Disiplin merupakan sebuah sikap positif yang akan sangat berguna dalam membantu Anda untuk selalu tepat waktu dan memiliki dedikasi yang baik dalam menyelesaikan pekerjaan Anda di kantor. Dengan melihat betapa pentingnya sebuah kedisiplinan dalam menjalani hidup, maka tak heran bila banyak orangtua yang selalu berusaha menanamkan kedisiplinan pada anak-anak mereka sejak masih kecil. Hal ini dapat dimaklumi karena pada dasarnya kedisplinan akan lebih baik bila diterapkan di dalam diri seseorang sejak masih dini.

Bila telah terbiasa memiliki disiplin yang tertanam sejak dini, maka seseorang akan dapat dengan mudah selalu menggunakan hal tersebut di dalam kehidupannya sehari-hari. Disiplin merupakan hal yang telah menjadi sebuah kebiasaan di dalam diri seseorang, sehingga akan sangat sulit untuk melakukan atau mendisiplinkan diri secara mendadak atau dalam kurun waktu yang sangat singkat.

Disiplin atau tidaknya seseorang akan dapat terlihat dengan jelas dari sikapnya dalam mengatur waktu dan memanfaatkan segala potensi yang dimilikinya untuk meraih kesuksesan. Bila Anda adalah orang tidak terbiasa hidup dengan kedisiplinan, maka tidak ada salahnya Anda mencermati dan melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk memperbaikinya.

Membuat Jadwal Kegiatan dan Melaksanakannya dengan Teratur

Saat akan memulai untuk mendisiplinkan diri, Anda harus melakukannya dengan pelan-pelan dan secara bertahap. Hal ini penting untuk selalu diingat karena pada dasarnya disiplin bukanlah sebuah sikap yang dapat dirubah dalam waktu yang sangat singkat. Jangan paksakan diri Anda untuk berubah menjadi disiplin secara drastis karena hal tersebut justru akan membebani Anda dan membuat segala sesuatunya menjadi sangat sulit untuk dilakukan.

Mulailah dengan cara yang mudah. Lakukan penjadwalan terhadap segala aktivitas harian Anda, mulailah dengan cara menyusunnya secara teratur namun tidak terlalu padat sehingga Anda masih memilki jeda di antara aktivitas tersebut, hal ini sangat penting agar Anda tidak merasa seperti menjadi orang lain saat melakukan segala rutinitas yang terjadwal.

Setelah menyusun jadwal yang tepat, Anda dapat untuk segera mulai mempraktikkannya di dalam kehidupan Anda sehari-hari. Berikan apresiasi terhadap diri Anda sendiri ketika Anda dapat melaksanakan semua jadwal Anda sepanjang minggu dengan baik dan tepat waktu, Anda dapat melakukan satu hal yang menyenangkan, seperti minum secangkir cokelat atau kopi di kafe favorit Anda.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement