Ahad 07 Jan 2018 18:16 WIB

Kebiasaan Sederhana Agar Hidup Lebih Mudah

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Tersenyum bikin hidup lebih bahagia.
Foto: Dailymail
Tersenyum bikin hidup lebih bahagia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak kebiasaan sederhana yang bisa membuat hidup seseorang menjadi lebih mudah dan lebih baik. Laman Business Insider merangkum saran dari pengguna Reddit dan Quora mengenai sederet kebiasaan sederhana berikut.

Selesaikan tugas sulit terlebih dahulu
Penundaan adalah sesuatu yang sulit dihilangkan, baik pekerjaan di kantor atau urusan domestik rumah tangga. Agar efektif, banyak orang menyarankan untuk menyelesaikan tugas tersulit terlebih dahulu baru disusul pekerjaan lain yang lebih mudah.
 
"Aturan satu menit"
"Aturan satu menit" bisa membuat Anda lebih produktif dan tidak merasa terbebani karena pekerjaan terselesaikan sedikit demi sedikit. Beberapa hal sederhana yang bisa menerapkan aturan ini seperti menata meja atau merapikan pakaian di gantungan.
 
Lakukan hal favorit
Jika Anda ingin bangun lebih awal setiap hari, cobalah melakukan hal favorit yang memanjakan diri sejenak setelah bangun tidur. Beberapa contohnya seperti menonton acara televisi kesukaan atau makan cemilan favorit.
 
Bersyukur
Menuliskan tiga hal yang disyukuri setiap hari akan membuat Anda merasa lebih rileks, sehat, dan bahagia. Penelitian telah membuktikan bahwa bersyukur dapat mengubah kondisi otak menjadi lebih baik dan mengurangi risiko depresi.
 
Perbandingan sehat
Salah satu wujud bersyukur adalah tidak merasa iri dengan apa yang dimiliki orang lain. Daripada membandingkan diri dengan pencapaian yang sudah diraih orang lain, lebih baik membandingkan dengan diri Anda satu atau dua tahun lalu untuk penyemangat.
 
Makan intuitif
Pilih pola makan intuitif yang lebih aman daripada melakukan diet ketat yang berisiko terhadap kesehatan. Pola makan ini memperhatikan kondisi tubuh setelah makan menu tertentu dan menggunakan informasi tersebut untuk mengatur menu selanjutnya.
 
Sisihkan dana darurat
Sisihkan sebagian penghasilan yang khusus dikumpulkan untuk kondisi darurat. Misalnya, mengumpulkan uang kembalian dalam wadah khusus atau menyisipkan uang Rp 100 ribu tiap bulan agar sewaktu-waktu bisa dipakai saat terdesak.
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement