Sabtu 15 Apr 2017 06:57 WIB

Kebiasaan Baik Pagi Hari yang Bisa Ditiru Agar Lebih Produktif

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Kebiasaan menanggalkan sarapan justru akan merugikan tubuh. Sejumlah penyakit meningkat risikonya jika terbiasa tidak makan pagi.
Foto: pixabay
Kebiasaan menanggalkan sarapan justru akan merugikan tubuh. Sejumlah penyakit meningkat risikonya jika terbiasa tidak makan pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian orang lebih aktif pada pagi hari (tipe "early bird"). Para manusia pagi itu terbiasa tidur di awal waktu kemudian bangun dan memulai aktivitas sebelum matahari terbit.

Sementara, sebagian lain merasa lebih kreatif di malam hari atau bertipe "night owl". Tak ada yang salah dengan keduanya, namun ada sejumlah kebiasaan baik manusia pagi yang bisa ditiru agar seseorang bisa lebih produktif.

Sarapan

Sarapan sangat baik sebagai motivasi untuk memulai hari dan memperlancar pekerjaan. Bagi yang kesulitan bangun pagi, caranya adalah menyiapkan sarapan sederhana sebelum tidur pada dini hari.

Luangkan beberapa menit untuk membuat makanan sederhana atau menyiapkan apapun yang bisa disantap langsung dalam kulkas. Beberapa butir telur rebus, semangkuk sereal dan susu, atau sebungkus granola bar akan membantu.

Olahraga ringan

Semua orang sepertinya selalu bertekad ingin olahraga pagi tapi tak kunjung merealisasikannya. Apalagi para "night owl" yang pasti masih tidur pulas di jam-jam ketika taman penuh dengan orang jogging.

Kabar baiknya, latihan ringan seperti bersepeda, ke gym, atau treadmill bisa dilakukan kapanpun sesuai jadwal. Tetaplah aktif bergerak saat waktu luang, entah pagi menjelang siang, sore, atau malam hari agar tubuh lebih energik.

Cari waktu tenang

Banyak orang sering berbicara tentang manfaat "menikmati keheningan" pada jeda waktu sebelum memulai hari. Beberapa menit krusial itu sangat nyaman untuk dinikmati sambil ngopi tanpa memeriksa email dan pekerjaan apapun.

Bagi para "night owl", kebiasaan ini juga bisa ditiru, dengan cara melakukannya tepat sebelum pergi tidur. Misalnya, luangkan satu jam sebelum tidur benar-nenar tanpa ponsel, laptop, dan bebaskan pikiran dari urusan kantor, dilansir dari laman Business Insider.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement