Rabu 27 Dec 2017 13:50 WIB

Anak Sulung Disebut Cenderung Lebih Pandai

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
Pertengkaran antara kakak dan adik.
Foto: shrinkcandy
Pertengkaran antara kakak dan adik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dugaan mengenai apakah urutan lahir bisa memengaruhi kepandaian seseorang kini terjawab. Para peneliti mengonfirmasi bahwa anak sulung cenderung lebih pintar jika dibandingkan dengan adik-adiknya.

 Para ekonom dari University of Edinburgh menyatakan anak yang lahir lebih dulu punya mental yang berbeda jika dibandingkan saudara-saudaranya. Ini karena anak tertua memperoleh stimulasi lebih banyak dari orang tuanya.

 

Kesimpulan itu didapat setelah dilakukan sebuah penelitian yang melibatkan lima ribu anak. Mereka diminta menjalani tes baca dan kosakata setiap dua tahun sekali. Hasil tes menunjukkan bahwa mereka yang lahir sebagai anak pertama meraih skor IQ yang lebih tinggi. Studi yang telah dipublikasikan di Journal of Human Resources ini mengamati perkembangan anak sejak sebelum lahir hingga usia 14 tahun.

 

Para peneliti mengklaim bahwa hasil studi menjelaskan apa yang disebur dengan 'birth order effect' atau efek urutan kelahiran. Ini adalah efek di mana anak sulung menikmati gaji yang cukup, pekerjaan yang baik, dan pendidikan lebih banyak ketika dewasa.

 

"Hasil penelitian kami menunjukkan mungkin pengaruh perlakuan orang tua terhadap anak pertama benar adanya. Anak sulung cenderung menerima pendidikan yang lebih baik dan lulus sebagai tenaga kerja yang berkualitas," kata Dr. Ana Nuevo-Chiquero dari University of Edinburgh's School of Economics dilansir dari Indy 100.

 

"Anak tertua punya banyak waktu untuk mengurus dirinya sendiri. Ini salah satu penyebab mereka lebih sukses. Seorang kakak punya hidup yang lebih terorganisir dan bisa menentukan prioritas dalam hidupnya," demikian pernyataan yang ditulis dalam hasil studi.

 

Keadaan tersebut terjadi karena adanya 'kondisi terpaksa' di mana ketika sang adik lahir, orang tua akan berganti fokus. Anak sulung yang tadinya sangat diperhatikan kini harus menerima perhatian yang lebih sedikit karena orang tuanya sibuk mengurus adiknya.

 

Feifei Bu, kandidat doktor dari universitas yang memimpin penelitian ini juga memberikan penjelasannya. "Hal yang mengejutkan terkait studi kami adalah ternyata urutan kelahiran berpengaruh lebih besar daripada pengaruh jenis kelamin dalam membentuk kecerdasan," ungkapnya.

 

Di sisi lain, kendati anak sulung lebih unggul dalam hal kepandaian, mereka yang terlahir sebagai adik juga punya kelebihan sendiri. YouGov menyatakan bahwa seorang adik adalah sosok yang lebih lucu, lebih ringan menjalani hidup, dan lebih rileks dibandingkan kakaknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement