Kamis 21 Dec 2017 16:17 WIB

Proses Pemakaman Jonghyun SHINee Diiringi Isak Tangis

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Yudha Manggala P Putra
Foto Kim Jonghyun diletakkan di rumah sakit tempat jenazahnya disemayamkan sebelum dimakamkan.
Foto: AP
Foto Kim Jonghyun diletakkan di rumah sakit tempat jenazahnya disemayamkan sebelum dimakamkan.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Proses pemakaman musisi asal Korea Selatan Kim Jonghyun dilakukan, Kamis (21/12). Jenazah personil SHINee ini diiringi langsung oleh personil lainnya yaitu Onew, Key, Taemin dan Minho dengan busana serba hitam dan tanda tiga garis putih di lengan sebelah kiri yang menandakan posisi mereka sebagai pengiring jenazah.

Minho berada di barisan paling depan sambil membawa papan kayu bertuliskan nama Kim Jonghyun ditemani saudara perempuan Jonghyun yang membawa pigura kakak laki-lakinya yang sedang tersenyum dengan balutan baju hangat putih gading. Di barisan belakang, Onew, Taemin, Key, dan beberapa kerabat Jonghyun bertugas membawa peti jenazah.

Wajah sendu mengisi raut empat personil SHINee yang telah menghabiskan hidup lebih dari 10 tahun bersama Jonghyun. Bahkan Key tidak dapat menahan air mata dan nampak tak mampu melihat kepergian jenazah sahabatnya.

Saat tertangkap kamera warganet, Key nampak menangis di bahu Onew yang juga tampak murung namun berusaha tegar di depan para personel lain, mengingat kini Onew adalah personil tertua di grup vokal yang dibentuk sejak 2008 selam ini. Onew terlihat menarik napas dalam sambil mencoba meredakan tangis Key.

Mata sembap juga jelas terlihat dari wajah Minho dan Taemin. Taemin juga terliat terus menundukkan kepala sambil mencoba menghapus air mata. Di sisi lain, meski merasakan kehilangan yang mendalam, Minho terus berusaha menenangkan saudara perempuan dan ibu Jonghyun.

Sederet artis tampak hadir dengan mata yang sembap. Personel Girls Generation Kim Taeyeon bahkan terus mengucurkan air mata dengan tubuh yang sedikit gemetar saat melihat peti jenazah Jonghyun siap dibawa oleh ambulans menuju pemakamannya. Taeyeon memang disebut sangat akrab dengan mendiang Jonghyun karena sempat beberapa kali dipasangkan dalam sebuah single lagu seperti 'Breath' dan 'Lonely'.

Saat proses penghormatan yang berlangsung di Asan Medical Center Seoul sejak Selasa (19/12) lalu, Taeyeon adalah tamu yang melakukan penghormatan terlama dengan waktu sekitar 10 jam. Taeyeon juga sempat menuliskan ungkapan penyesalannya atas kepergian Jonghyun yang telah dianggapnya sebagai adik laki-laki kandungnya.

Kesedihan juga sangat terlihat dari Kim Yeri. Personil termuda grup vokal Red Velvet ini nampak terpukul dan tak mampu membendung air mata saat peti jenazah Jonghyun telah diantarkan ambulans menuju tempat peristirahatan terakhirnya. Tak berbeda dengan Taeyeon, Yeri juga salah satu artis naungan SM Entertainment yang dikenal sangat dekat dengan almarhum.

Saat jenazah Jonghyun akan dibawa ambulans, Yeri tampak berjalan mendekat dan seolah ingin melihat secara dekat pria yang telah dianggapnya kakak laki-lakinya itu untuk terakhir kalinya. Setelah beberapa saat menatap sendu peti jenazah yang membawa tubuh Jonghyun, artis kelahiran 1999 ini lantas tertunduk dan menangis tertahan.

Kedekatan Yeri dan Jonghyun memang telah banyak diketahui sesama artis bahkan penggemas karena mereka karap mengabadikan momen bersama melalui akun instagram pribadi Jonghyun @jonghyun.948 dan akun Instagram resmi Red Velvet @redvelvet.smtown. Yeri mengaku bahwa Jonghyun adalah senior yang telah dianggap sebagai kakak laki-lakinya sendiri karena sikapnya yang ramah, perhatian dan penyayang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement