Sabtu 09 Dec 2017 14:22 WIB

Warna Merah Muda tak Lagi Identik Perempuan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Di tahun 2018 warna cat rumah diprediksi cenderung hangat seperti Heart Wood Home dari Dulux.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Di tahun 2018 warna cat rumah diprediksi cenderung hangat seperti Heart Wood Home dari Dulux.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tren warna cat 2018 diprediksi akan mengarah ke warna merah muda keabu-abuan. Menariknya, warna ini ternyata tak hanya cocok untuk kaum perempuan tapi juga cocok untuk laki-laki. Apakah warna merah muda tak lagi identik dengan perempuan?

Arsitektur Cosmas D Gozali mengatakan zaman sekarang yang menguasai dunia adalah generasi muda atau gerenasi milenial. Mereka sangat terpengaruh dengan teknologi. Teknologi jadi bagian dari keseharian.

"Kita hidup dalam dunia futuristik, tapi karena teknologi begitu kuat yang mana jadi bagian identitas diri, generasi ini juga sangat membutuhkan yang namanya alam. Jadilah ada kombinasi alam dan teknologi. Tren desain arsitektur ke depan adalah sesuatu berbau alam dan teknologi," jelasnya di sela peluncuran Colour Futures 2018 yang diselenggarakan oleh Dulux, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Generasi berikut ini satu sisi menjadi generasi seragam. Misalnya ada ponsel keluaran terbaru, maka semua orang menginginkannya. Teknologi membawa keseragaman diri manusia tapi manusia tetap mau mencari suatu identitas diri yang berbeda. Alam digunakan untuk menunjukkan identitas mereka yang membedakan dengan orang lain.

"Yang lucunya sebenarnya ke depan ini setiap orang ingin memberikan identitas dirinya, tapi di satu sisi yang namanya identitas semakin bias. Dahulu jelas, warna untuk pria dan wanita, sekarang enggak. Fashion juga antara pria dan wanita rancu. Warna juga begitu. Tren warna 2018 jadi kebiasan. Bias itu menciptakan setiap orang mencari formula masing-masing untuk menjadi dirinya individu yang kuat," ujarnya.

Karena itu, menurutnya tren warna cat 2018 yang condong ke warna pink atau merah muda ini tidak masalah untuk pria dan wanita. Karena identitas manusia antara maskulin dan feminin sudah lebih rancu. Pria juga terkadang pakai baju wanita, dan wanita sebaliknya pakai baju pria. Identitas diri tidak dibatasi oleh gender tapi dibatasi oleh kepribadian masing-masing warna yang paling sesuai bagi tiap kepribadian.

Saat ini, warna merah muda menurutnya tidak selalu feminin. Merah muda menjadi suatu warna tren warna di dunia saat ini karena juga posisi wanita di dunia makin hari semakin penting. Tidak hanya wanita sebagai ibu rumah tangga, tapi juga memegang peran ekonomi dan politik.

Keunikan warna merah muda keabu-abuan begitu dikombinasi dengan warna lain bisa seperti bunglon, efeknya bisa seperti apa saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement