Jumat 20 Oct 2017 05:28 WIB

Warna Ini Diprediksi Jadi Tren Cat Rumah 2018

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Mengecat rumah
Foto: Pexels
Mengecat rumah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam merenovasi rumah, warna menjadi salah unsur pentingyang tidak bisa diabaikan. Selain memberikan keindahan, warna juga bisa membantu membuat penghuninya merasa lebih nyaman saat berada di rumah.

Bagi Anda yang ingin merenovasi rumah, warna-warna netral mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat seperti tema warna Amadeus yang ditawarkan oleh perusahaan cat asal Jepang Kansai Paint. Amadeus diprediksiakan menjadi tren warna ruangan pada 2018 mendatang.

Amadeus merupakan sapuan warna krem keemasan dengan sedikit karakteristik gelap namunmemberi kesan bersahaja. Menurut Claire Bond ahli psikologi warna yang juga duta dari Kansai Paint Global Color, Amadeus bisa menjadi pilihan terbaik untuk diaplikasikan di ruang keluarga dan dapur.

Dalam psikologi warna, sentuhan warna kekuningan akan memberikan rangsangan sekaligus menghangatkan, ujar Claire dalam acara talk show bersama Kansai Paint, beberapa waktu lalu. Nuansa warna netral bisa dimanfaatkan sebagai penyeimbang dari padu padan warna lain dan memberikan fondasi yang kuat untuk mempertahankan beragam corak ketika diaplikasikan secara bersamaan.

Selain Amadeus, ada empat tema warna lain yang juga bisa dijadikan inspirasi di tahun 2018 nanti. Exotic Euphoria merupakan paduan warna kuat dan kontras dari alam seperti biru, hijau, kuning. Paduan warna ini menghadirkan kebebasan berekspresi dan energik namun tetap dalam suasana yang hangat.

Bagi Anda yang mendambakan ketenangan di rumah, tema Soft Composition yang terbentuk dari warna-warna pastel sangat cocok jadi pilihan. Warna pastel seperti peach, biru muda, dan kuning muda bisa menampilkan suasana yang akrab di rumah.

Untuk penghuni yang ingin menonjolkan ornamen atau aksen tradisional di rumah bisa mengaplikasikan tema Craft Spirit yang identik dengan nuansa warna kebiruan. Agar ornamen dan aksen tradisional itu lebih hidup, warna biru juga bisa dipadukan dengan warna lain yang lebih kontras seperti oranye, merah dan juga kuning.

Sementara untuk penghuni yang berjiwa muda dan energik, tema Hi-Glo sangat bisa mewakili semangat itu. Tema ini cenderung menggunakan warna-warna terang dan segar seperti nuansa kuning lemon, pink muda, ungu mudadan juga hijau muda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement