Senin 27 Nov 2017 18:28 WIB

Ortu Harus Bisa Jadi Gawai yang Digemari Anak

Anak bermain gadget
Foto: AP
Anak bermain gadget

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Komunikasi yang intensif antara orang tua dan anak berperan penting dalam proses pembentukan karakter, kata psikolog dari RSUD Cilacap, Jawa Tengah, Reni Kusumowardhani. Karena itu penting bagi orang tua untuk memahami cara berkomunikasi dengan anak.

"Orang tua harus mengintensifkan komunikasi dengan anak-anak mereka, orang tua juga harus mengetahui ilmu komunikasi yang baik," katanya di Purbalingga, Senin (27/11). Hal tersebut disampaikan pada acara Seminar Pembentukan Karakter Anak di Pendapa Dipokusumo Purbalingga.

Dia juga menambahkan, pola komunikasi yang intensif sangat diperlukan pada era digital. "Pada era digital, untuk merebut hati anak, orang tua harus bersaing dengan 'gadget'," katanya.

Dia menambahkan, ada berbagai alasan mengapa anak-anak sangat menyukai gawai. "Mereka sangat menyukai gadget dan internet karena memiliki sifat interaktif, mudah mencari informasi, banyak permainan, 'friendly' dan tidak akan marah ketika kita sedang jengkel, tampilannya sangat luar biasa dan menyenangkan. Gadget dan internet sekarang menjadi sahabat yang luar biasa bagi anak," katanya.

Untuk itu, dia mendorong orang tua untuk mengintensifkan komunikasi dengan anak dan menjadi "sahabat" yang menyenangkan bagi anak-anak mereka. Sementara itu, dia juga menambahkan, untuk membentuk karakter anak, keluarga harus menciptakan lingkungan yang berkualitas.

"Pada intinya, untuk membangun karakter anak harus diawali dari keluarga yang berkualitas," katanya. Contohnya, kata dia, orang tua harus memiliki waktu yang berkualitas untuk anak.

"Selain itu, oang tua harus mampu membuat komunikasi dan menjadi teladan dengan terlebih dahulu menjadi orang tua yang berahlak mulia," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement