Ahad 19 Nov 2017 07:39 WIB

Kaum Jakarta Gelar Malam Makan-Makan Toraja

Tampak depan restoran Kaum Jakarta.
Foto: Republika/Indira Rezkisari
Tampak depan restoran Kaum Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi​ ​rumah​ ​bagi​ ​ratusan​ ​kelompok​ ​etnik,​ ​Indonesia​ ​dikenal​ ​sebagai​ ​salah​ ​satu negara​ ​yang​ ​kaya​ ​dialek,​ ​tradisi,​ ​dan​ ​warisan​ ​kuliner.​ ​​Kuliner Toraja namun tergolong susah untuk dinikmati di Ibu Kota, sehingga khazanah kekayaan kuliner Toraja tidak familiar.

Menggandeng Toraja Melo, restoran Kaum Jakarta mengelar Toraja​ ​Kumande-Mande​,​​yang diartikan​ ​menjadi​ ​Makan-Makan​ ​Toraja. Acara makan malam tersebut diagendakan sebagai ajang melestarikan warisan budaya Toraja.

Toraja​ ​Melo ​yang​ ​artinya​ ​Toraja​ ​Bagus,​ ​didirikan​ ​oleh​ ​Dinny​ ​Jusuf ​dengan​ ​adiknya, Nina​ ​Jusuf. Keduanya sudah beberapa tahun ini mencoba melestarikan kain tenun Toraja di bawah Toraja Melo.

Dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Toraja​ ​Kumande-Mande dijelaskan sebagai​ ​sebuah​ ​acara​ ​yang​ ​menghormati​ ​Toraja,​ ​yang terletak​ ​di​ ​Sulawesi​ ​Tenggara. Sampai​ ​saat​ ​ini,​ ​Toraja​ ​masih​ ​menganut​ ​kepercayaan mengikuti​ ​ritual​ ​dan​ ​tradisi​ ​setempat.​ ​Selain​ ​dikenal​ ​karena​ ​upacara​ ​pemakaman tradisionalnya​ ​yang​ ​khas,​ ​Toraja​ ​juga​ ​dikenal​ ​untuk​ ​desain​ ​arsitekturnya​ ​yang​ ​unik,​ ​dan kopi​ ​arabikanya​ ​yang​ ​enak.

Dalam​ ​acara​ ​ini,​ ​Kaum​ ​akan​ ​berbagi​ ​pengetahuan​ ​mengenai​ ​Toraja,​ ​menceritakan rasa,​ ​budaya,​ ​dan​ ​tradisi​ ​Toraja,​ ​dan​ ​akan​ ​menunjukkan​ ​sebuah​ ​film​ ​dokumenter pendek​ ​tentang​ ​Toraja.​ ​Tim​ ​kuliner​ ​Kaum​ ​akan​ ​menyajikan​ ​hidangan​ ​yang menggunakan​ ​bahan-bahan​ ​unggulan​ ​Toraja​ ​seperti​ ​​Nasi​ ​Hitam​,​ ​Lada​ ​Katokkon, Pamarrasan​ ​(bumbu​ ​kacang​ ​hitam​ ​asli​ ​Toraja),​ ​Kopi​ ​Arabika,​ ​dan​ ​masih​ ​banyak​ ​lagi.

Menu​ ​spesial​ ​ini​ ​hanya​ ​akan​ ​tersedia​ ​untuk​ ​satu​ ​malam​. ​Mulai​ ​dari​ ​pukul​ ​18.00​ hingga 22.00​ ​pada​ ​tanggal​ ​22​ ​November​ ​2017.

 

Menu yang akan disajikan adalah Kapurung yaitu sup pangsit dari sagu dalam kuah kunyit yang segar dan pedas. Kemudian, Ayam​ ​Suwir​ ​Palawa alias salad ayam berbumbu serundeng, kacang, dan rempah-rempah.

Ada juga Pa'piong atau ayam bakar bumbu Toraja yang dcampur dengan kelapa parut dan daun ubi. Menu utama lainnya adalah Ikan​ ​Gurame​ ​Pamarrasan atau ikan yang dimasak dengan bubuk kacang hitam. Untuk sayurnya tersedia Daun Singkong Tumbuk dan sebagai penutup adalah Kue Kopi Kacang Kenari.

Tertarik? Anda bisa langsung menghubungi Restoran Kaum yang terletak di Menteng, Jakpus, untuk memesan reservasi di tanggal 22 November 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement