Senin 13 Nov 2017 07:03 WIB

Ketenangan Nan Elok di Pantai Tanjung Karang

Rep: Fira Nursyabani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pantai Tanjung Karang, Donggala, Sulawesi Tengah
Foto: Fira Nursya'bani
Pantai Tanjung Karang, Donggala, Sulawesi Tengah

REPUBLIKA.CO.ID, DONGGALA -- Ketenangan langsung saya dapatkan begitu tiba di Pantai Tanjung Karang, Donggala, Sulawesi Tengah. Pantai yang terletak di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah ini menawarkan pemandangan elok menakjubkan dengan hamparan pasir putih yang hangat.

Melihat warna air laut yang bening, Tanjung Karang tampaknya belum banyak diekplorasi oleh tangan manusia. Meski demikian, saya melihat pantai ini telah menyediakan fasilitas diving, art gallery, dan beberapa cottage. Dengan membayar Rp 100 ribu, saya bisa menyewa sebuah perahu khusus yang dapat membawa wisatawan mengelilingi garis pantai. Perahu ini didesain unik dengan lapisan bening di dasarnya, agar para wisatawan bisa melihat langsung keindahan pemandangan bawah laut Donggala.

Namun, jika ingin merasakan sensasi yang lebih menakjubkan, pengunjung bisa langsung menyewa peralatan menyelam sederhana seharga Rp 50 ribu. Tanjung Karang memang terkenal dengan spot menyelam, karena jarak lima meter dari bibir pantai kedalaman laut sudah mencapai 5 sampai 10 meter di bawah permukaan air laut.

Dewi Yanti, kepala Bidang Eksibisi dan Publikasi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Donggala menuturkan, di hari biasa pengunjung yang ingin menikmati Pantai Tanjung Karang tidak dikenakan biaya. Tapi di akhir pekan atau di hari libur, pengelola pantai akan menarik tiket masuk sebesar Rp 2.000. Cukup murah untuk pantai secantik ini.

"Tanjung Karang sudah menjadi ikon dan primadona wisata di Donggala. Tak hanya terumbu karangnya yang indah, lautnya juga dipenuhi ikan-ikan hias yang sangat cantik, cocok untuk snorkeling dengan harga yang murah," kata Dewi beberapa waktu silam.

Objek wisata ini, tambah dia, bisa ditempuh selama 20 menit dari pusat pemerintahan Dong gala dan sekitar satu setengah jam dari Kota Palu melalui jalan darat. Akses jalan ke lokasi pantai juga cukup bagus dan bisa dilalui kendaraan roda empat.

Selain Tanjung Karang, Donggala sebagai wilayah pesisir tentu memiliki banyak objek wisata pantai. Wisatawan bisa mengunjungi Pantai Pusentasi di perairan selat Makassar, Pantai Boneoge, Pantai Bonebula di Desa Limboro, Pantai Enu di pinggir jalan poros Sulawesi Tengah, Pantai Bambahano di Desa Sabang, Pantai Parimpi di Desa Lende, Pantai Labuana di Desa Lombonga, dan Pantai Pulau Pasoso.

sumber : Pusat Data Republika/Nina Chairani
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement