Rabu 01 Nov 2017 07:17 WIB

Lezatnya Gohu, Sashimi-nya Halmahera Selatan

Gohu
Foto: Republika/Didi Purwadi
Gohu

REPUBLIKA.CO.ID, LABUHA -- Berkunjung ke Halmahera Selatan (Halsel), jangan lupa mencicipi ikan Gohu yang disebut-sebut sebagai sashimi-nya daerah tersebut. Resto-resto di sepanjang pantai Mongga yang menghadap ke hamparan luas Laut Maluku, banyak menjajakan masakan kuliner khas Halsel itu.

Gohu memang seperti Sashimi karena ikannya dihidangkan dalam bentuk daging mentah yang masih segar. ''Ikannya dari ikan madian, yakni ikan tuna kecil,'' kata Mala, pramusaji rumah makan Idola Bacan di Pantai Mongga, Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, Ahad (29/10). Republika berkesempatan menyambanginya di sela-sela acara penutupan turnamen mancing internasional 'Widi International Fishing Tournament' (WIFT) 2017.

Daging ikan tuna-kecil yang lembut teksturnya dan segar, kata Mala, hanya dikasih jeruk lemon dan garam. Perasan jeruk lemon tidak hanya berguna menghilang bau amis ikan, tapi rasa asamnya bercampur rasa taburan garam membuat Gohu terasa nikmat ketika nempel di lidah. Rasanya kecut-kecut asin saat potongan lembut nan segar daging tuna muda ditumbuk-tumbuk oleh gigi-gigi geraham.

Beberapa orang memang tidak suka memakan daging ikan mentah. Karena itu, ada juga Gohu yang dibuatnya dengan cara disiram minyak goreng panas sehingga dagingnya menjadi setengah matang.

Sensasi rasa Gohu tidak berhenti pada rasa kecut-kecut asinnya. Seperti ditaburi acar segar, Gohu menghadirkan sensasi rasa asam-manis-pedas-segar yang nempel di lidah. Ada rasa segar-manis potongan tomat bercampur pedasnya potongan cabai. Ada juga potongan siung kecil bawang merah mentah yang kres-kres ketika digigit bersamaan dengan lembut-segarnya daging ikan tuna muda.

Tebaran daun kemangi membuat Gohu semakin lengkap rasa. Rasa getir-pahit daun kemangi seakan menetralkan rasa sehingga rasa asam-asin-pedasnya Gohu tidak terasa terlalu tajam di lidah. Dan, Gohu disajikan dalam kondisi dingin sehingga kesegaran ikan tunanya tetap terjaga.

Makan Gohu terasa semakin nikmat sambil melihat pemandangan laut Maluku dan deruan debur ombak. Nikmat sekali..

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement