Ahad 22 Oct 2017 08:25 WIB

Mengintip Kegiatan Komunitas Jepang di Jababeka

Suasana kegiatan Momiji Matsuri di Cikarang, Jawa Barat
Foto: dok hiru muhammad
Suasana kegiatan Momiji Matsuri di Cikarang, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyaknya warga Jepang  yang bermukim di kawasan Jababeka, Cikarang, Bekasi Jawa Barat telah memunculkan gagasan untuk memamerkan budaya Jepang di kawasan industri ini.

Pameran budaya yang dikemas dalam acara bertajuk perayaan musim semi di Jepang (momiji matsuri) itu diikuti sejumlah warga Jepang maupun pedagang yang menjajakan aneka makanan maupun pakaian ala Jepang. 

Dalam pameran itu aneka makanan Jepang dan baju kimono turut dipamerkan. Bahkan tersedia konter khusus bagi yang berminat untuk menyewa baji khas Jepang selama pameran tersebut berlangsung selama dua hari. "Komunitas Jepang di Cikarang cukup banyak, mereka membawa kebudayaan Jepang di sini," kata General Manager Corporate Marketing PT Grahabuana Cikarang Handoyo Lim, Sabtu (21/10).

Saat ini terdapat sekitar 10 ribu warga asing di Cikarang, sebanyak 7 ribu diantaranya adalah warga Jepang. Mereka berada di Cikarang bekerja sebagai tenaga ahli dan membawa keluarganya. Selama berada di Cikarang mereka membutuhkan sarana akomodasi dan fasilitas pendukung yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Fasilitas itu selain pusat perbelanjaan, juga tempat tinggal dan sarana lain yang sarat dengan nuansa Jepang.

 

Salah satu fasilitas bagi warga Jepang yang dibangun saat ini adalah Kawana Golf Residence (KGR). Apartemen yang berada di Jababeka Golf City ini di bangun dengan mengusung konsep golf resort karena memiliki akses langsung ke lapangan golf.  KGR akan menjadi hunian vertikal pertama di Indonesia yang dipasarkan bagi ekspatriat Jepang di kawasan Cikarang. 

Sebagai service apartment, KGR memiliki fasilitas lapangan golf dan 90 persen anggotanya adalah warga Jepang dan Korea Selatan." Mereka bisa membelinya karena ketentuanya sudah keluar," kata Sutedja S. Darmono, Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang yang merupakan anak usaha PT Jababeka Tbk.

KGR sendiri terletak di Jababeka Residence yang dikembangkan seluas 500 hingga 800 hektar di Kota Jababeka. Jababeka Residence  yang menggunakan logo baru ingin membidik pasar premium sebagai segmen pasar mereka. Jababeka Cikarang akan menjadi kota mandiri internasional terpadu berwawasan lingkungan yang didukung pembangunan infrastruktur transportasi makro pemerintah.

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement