Sabtu 29 Jul 2023 15:50 WIB

Wibu Merapat, Festival Budaya Jepang Impactnation Resmi Digelar

mpactnation menjadi wadah berkumpul para pecinta budaya Jepang.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pembukan Impactnation Japan Festival 2023 di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7/2023).
Foto: Republika/Meiliza laveda
Pembukan Impactnation Japan Festival 2023 di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Budaya Jepang sudah mendapat perhatian dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Beberapa festival budaya Jepang banyak digelar di Indonesia, salah satunya adalah Impactnation.

Impactnation Japan Festival 2023 resmi diadakan di Istora Gelora Bung Karno (GBK) Senayan pada 29-30 Juli 2023. Konseptor Utama sekaligus Owner Impactnation Japan Festival Nugroho mengatakan festival budaya ini dapat memberikan kebahagiaan dalam kegemaran dan kesukaan yang sama.

Baca Juga

Pihak Impactnation berterima kasih atas kehadiran perwakilan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Dia berharap lewat acara ini dapat mempererat hubungan dalam berbudaya dan berseni antara Indonesia dan Jepang. "Semoga acara Impactnation tahun ini bisa menjadi acara yang mempererat hubungan kita dalam berbudaya dan berseni. Khususnya Indonesia dan Jepang dalam membangun generasi muda yang cerdas dan berkarya. Salam kami dari impact. Selalu jaga persaudaraan erat atas nama seni budaya. Dengan ini kami resmikan Impactnation," kata Nugroho di Istora GBK, Sabtu (29/7/2023).

Impactnation menjadi wadah berkumpul para pecinta budaya Jepang dan berjejaring para komunitas pecinta anime, manga, hingga komunitas cosplay. Kegiatan ini secara tidak langsung turut menjadi ajang kegiatan positif bagi generasi muda Indonesia karena memberikan informasi dan edukasi budaya Jepang secara langsung melalui konten dan pertunjukan yang menarik, ditambah suasana festival yang didesain dengan konsep area kota-kota besar yang ada di Jepang, seperti Yokohama, Kyoto, Tokyo, Osaka, Sapporo, dan Nagoya. 

Tahun ini Impactnation dimeriahkan oleh berbagai acara menarik, seperti lomba cosplay dan lomba menyanyikan lagu anime. Selain itu, acara juga dihadiri oleh sejumlah musisi lokal dan luar, seperti FLOW, KANA-BOON, Yama, BURNOUT SYNDROME, Cho Tokimeki Sendenbu, dan DJ Senna. 

DJ Sena menjanjikan adanya penampilan berbeda dibandingkan acara-acara lain. Pada event ini, DJ  yang dulunya juga balerina ini, pertama kalinya mencampurkan musik house edm dengan anime. Selain dia, ada juga artis lokal seperti JKT 48 dan idol dari Jepang NMB48 yang turut hadir menyemarakan gelaran kali ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement