Sabtu 29 Jul 2023 21:46 WIB

Keseruan Impactnation Hari Pertama: Wadah Anak Muda Pecinta Budaya Jepang

Impactnation menjadi ajang silahturahmi antar cosplayer.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Indira Rezkisari
Pembukan Impactnation Japan Festival 2023 di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7/2023).
Foto: Republika/Meiliza laveda
Pembukan Impactnation Japan Festival 2023 di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Impactnation Japan Festival 2023 resmi digelar di Istora Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, mulai Sabtu 29 Juli hingga Ahad 30 Julo 2023. Impactation merupakan festival budaya Jepang yang dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, di antaranya kompetisi cosplayer hingga kompetisi menyanyi lagu anime.

Tidak hanya festival budaya, Impactnation juga diisi oleh acara musik yang dihadiri band ternama, seperti FLOW, KANA-BOON, Yama, BURNOUT SYNDROME, Cho Tokimeki Sendenbu, dan DJ Senna. Ada juga artis lokal seperti JKT 48 dan idol dari Jepang NMB48 yang turut hadir memeriahkan acara kali ini.

Baca Juga

Sejak pukul 10.00 WIB, pengunjung sudah berbaris untuk menukarkan tiket. Antrean terlihat rapi dan tidak menumpuk. Salah seorang pengunjung, Adam, mengaku sangat senang bisa datang ke Impactnation. Menurut dia, Impactnation sangat berbeda dari festival Jepang sebelumnya, khususnya sebelum pandemi Covid-19.

"Seru sekali karena sudah lama nggak datang ke event Jepang gini. Pas datang jadi nostalgia lagi," kata Adam di Istora GBK, Sabtu (29/7/2023).

Antusias pengunjung kali ini kata dia sangat tinggi, khususnya bagi para cosplayer. Mereka yang hadir hari ini sangat kreatif.

Adam menyebut saat ini sudah banyak orang yang menyukai budaya Jepang seperti anime dan game sehingga para cosplayer yang hadir lebih beragam.

"Sekarang menyukai anime atau game sudah tidak terlihat aneh lagi. Makanya sekarang banyak orang yang cosplay karakter dari anime atau game. Satu karakter aja sudah banyak yang nge-cosplayin," ujarnya.

Salah seorang cosplayer bernama Kipet menjelaskan acara seperti Impactnation menjadi wadah bagi para cosplayer untuk melakukan project cosplaynya. Dalam acara kali ini, Kipet bersama teman-temannya menggelar project cosplay karakter anime di Boku No Hero Academia. Dia mempersiapkan project ini dua bulan sebelum hari H.

"Persiapan kami lumayan lama, sekitar dua bulan sebelum Impactnation," kata dia, yang melakukan cosplay karakter Todoroki.

Lewat acara ini, dia berharap ke depannya agar masyarakat lebih mengenal budaya Jepang dan dunia cosplay. "Semoga masyarakat bisa mengenal dunia cosplay. Pasti kan ingin tahu, apa nih ramai-ramai pakai kostum," ucapnya.

Tiktoker asal Lampung Ikram Rizal atau disapa Ikram Afro mengatakan event hari pertama pastinya sangat seru. Dia juga datang untuk menikmati konser hari pertama dengan salah satu bintang yang tampil adalah Kana-Boon.

"Datang mau nonton konser karena pihak Impactanation ngundang. Ada band kesukaan gue, Flow, Kana-Boon, dan Burn Out Syndromes. Terima kasih Impactnation telah mengadakan acara ini yang juga menjadi ajang silahturahmi antar cosplayer," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement