Rabu 27 Sep 2017 09:53 WIB

Rahasia Membuat Thai Tea Ala Kedai di Mal

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Daun teh Thailand mengeluarkan aroma khas yang menjadikan minuman ini berbeda dengan teh yang dicampur susu lainnya.
Foto: wikipedia
Daun teh Thailand mengeluarkan aroma khas yang menjadikan minuman ini berbeda dengan teh yang dicampur susu lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Thai Tea sedang menjadi tren dan banyak dijual di kedai-kedai dalam mal. Padahal cara membuat minuman ini sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah. Thai Tea merupakan minuman teh dengan campuran susu. Namun, entah kenapa rasa yang diberikan kedai-kedai di mal berbeda bukan?

Sebenarnya, tidak ada resep khusus untuk membuat minuman asal Thailand itu. Menurut siaran pers yang didapat dari Cookpad, Anda cukup sediakan 1500 ml air, 50 gr daun teh hitam atau thai tea, 125 gr gula pasir, 200 ml susu evaporasi, 350 ml krimer atau susu kental manis putih, dan es batu secukupnya.

Mungkin Anda bingung, apa itu susu evaporasi. Susu tersebut merupakan susu sapi yang 60 persen kadar airnya dihilangkan dari susu segar. Jenis ini berbeda dengan susu kental manis, yang mengandung gula tambahan.

Anda bisa dengan mudah menemukannya jika mengunjungi supermarket. Dapat dikatakan juga, hal ini yang sering luput ketika orang membuat Thai Tea di rumah sehingga rasanya sedikit berbeda dengan yang ada di mal.

Bagaimana cara membuatnya? Anda cukup merebus air bersama daun teh hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan api dan tutup panci, biarkan selama lima menit hingga berwarna pekat.

Setelah pekat, saring teh kemudian tambahkan gula, aduk rata. Biarkan teh agak dingin dan campur dengan susu evaporasi dan krimer dan susu kental manis. Aduk rata atau bisa juga dikocok dengan shaker dalam kondisi teh telah dingin hingga berbuih.

Untuk menambah kesegaran, jangan lupa beri es batu sehingga Thai Tea semakin dingin. Mudah ya?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement