Senin 21 Aug 2017 11:52 WIB

Ibu Tunggal Mampu Memiliki Karier

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Esthi Maharani
Jika ibu harus menjadi orang tua tunggal/ilustrasi
Foto: wordpress.com
Jika ibu harus menjadi orang tua tunggal/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Ibu tunggal juga mampu berkarier seperti halnya perempuan tanpa anak. Hal itu dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di Inggris. Penelitian itu pun menjawab mitos yang menganggap ibu tunggal kerap bergantung pada bantuan sosial pemerintah.

Lebih dari dua per tiga atau sekitar 67,8 persen orang tua tunggal saat ini memiliki pekerjaan. Angka itu melonjak 43,8 persen dibandingkan 20 tahun lalu.

Untuk perbandingan, persentasi perempuan tanpa anak yang memiliki kerja adalah 68,6 persen. Seluruh angka tersebut merupakan hasil penelitian dari Badan Statistik Nasional Inggris untuk periode Januari dan Maret 2017.

Anggota Dewan Komisi Mobilitas Sosial Paul Gregg mengaku, ibu tunggal kerap dicap buruk oleh pemerintah dan media. Akan tetapi, menurutnya, penelitian tersebut membuktikan ibu tunggal tidam sepenuhnya bergantung pada bantuan sosial.

"Sejak 2008, para ibu yang berupaya mencari pekerjaan mengubah citra ibu tunggal dan mengatasi kemiskinan. Masalah saat ini adalah mengupayakan upah dan jam kerja yang lebih baik," ujar Gregg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement