Senin 14 Aug 2017 14:11 WIB

Yuk, Ke Festival Kuliner Serpong

Rep: Nora Azizah/ Red: Esthi Maharani
Mall Serpong, Tangerang, menggelar Festival Kuliner Serpong (FKS)
Mall Serpong, Tangerang, menggelar Festival Kuliner Serpong (FKS)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG.- Sudah punya agenda akhir pekan? Berkunjung ke Festival Kuliner Serpong (FKS) di Summarecon Mal Serpong, Tangerang, bisa menjadi pilihan. Setelah diselenggarakan sebanyak tujuh kali, FKS 2017 mengambil tema makanan khas Sunda.

"Kami memilih tema menyesuaikan lidah para pencinta kuliner nusantara," ujar Center Director Summarecon Mal Serpong (SMS) Willy Effendy dalam acara pembukaan Festival Kuliner Serpong 2017 beberapa waktu lalu.

Hampir seluruh pencinta kuliner nusantara menyukai makanan khas Jawa Barat. Selain memiliki cita rasa yang khas, kota Bandung juga terkenal menjadi pusat kuliner di Indonesia. Bandung juga menjadi destinasi wisata kuliner sehingga beberapa jenis makanannya sudah akrab di lidah masyarakat Indonesia.

Dalam mengambil tema, tim penyelenggara FKS tidak sembarangan. Para penjual sudah diseleksi terlebih dahulu sebelum menjadi peserta festival. Proses penyeleksian tenant juga tidak sebentar. Tim panitia melakukannya sudah sejak jauh hari, bahkan sampai mendatangi lokasi berjualan di daerahnya masing-masing. Hal tersebut dilakukan agar pengunjung festival tidak kecewa, baik dari segi rasa dan kualitas makanan.

Kemudian meski makanan harus dibawa ke lokasi festival, penjual tidak boleh meninggalkan rasa original masakan. Itu sebabnyak para peserta harus siap dan matang untuk mengikuti festival dan memenuhi persyaratan tersebut.

Dari ratusan jenis kuliner di wilayah Jawa Barat, FKS 2017 akhirnya memilih sebanyak 97 tenant yang bergabung dalam festival. Dari total tenant tersebut 30 persen merupakan masakan Sunda, sementara sisanya berasal dari kuliner nusantara. Pengunjung tetap bisa merasakan masakan daerah lain, salah satunya makanan Sumatra. Tahun ini FKS 2017 memboyong beberapa jagoan kuliner Sunda, di antaranya Kupat Tahu, Cireng Cipaganti, Nasi Jamblang Mang Dul, Batagor Riri, Liwetan Purwakarta, Bakso Plekenut Cirebon, dan lain sebagainya.

Seperti tahun sebelumnya, FKS 2017 tetap menempati lokasi parkir SMS 2. Dengan berkonsep gubuk kayu kali tempat makan juga lebih diperluas. Pengunjung juga bisa menikmati suasana Bandung dengan lantunan lagu Sunda, serta lokasi makan berkonsep lesehan atau duduk di lantai. Beberapa penyanyi asal Bandung juga akan mengisi acara, seperti Hedi Yunus dan Dewi Yull. FKS 2017 berlangsung mulai dari 10 Agustus sampai 10 September 2017. Harga makanan dan minuman dimulai dari Rp 5 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement