Senin 07 Aug 2017 07:39 WIB

Cara Penyajian Pengaruhi Nutrisi Makanan Kemasan

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Beragam makanan kemasan yang dijual di supermarket.
Foto: Reuters
Beragam makanan kemasan yang dijual di supermarket.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan yang sehat harus jadi perhatian dalam memenuhi kebutuhan konsumsi sehari-hari. Makanan yang sehat memiliki peranan yang besar dalam menjaga dan meningkatkan kekebalan imun manusia.

Menurut dr Juwalita Surapsari M.Gizi, SpGK, dalam memilih makanan, selama ini banyak masyarakat yang mengabaikan informasi dalam kemasan suatu produk. Padahal terdapat sejumlah informasi, seperti kandungan nilai gizi hingga cara pembuatan pada kemasan produk.

"Yang pertama peruntukan, jadi sesuaikan dengan usia. Dalam kemasan ada informasi produsen dan konsumen harus sesuai dengan peruntukan usia," ujarnya kepada Republika.co.id di Jakarta.

Hal lain yang tak boleh diabaikan soal takaran saji dan cara penyajian. Bukan hanya agar tidak keliru dalam pembuatan, tetapi juga agar asupan yang terkandung di dalamnya benar-benar didapatkan.

"Kita harus tahu takaran saji dan cara penyajian karena dengan mengikuti itu, memang ada porsi dalam mengatur nutrisi sehingga manfaatnya bisa kita dapat," kata Juwalita

Ia mengakui, selama ini banyak orang yang mengira mendapatkan sederet nutrisi dari makanan kemasan yang dikonsumsi, padahal cara penyajian atau memasaknya tidak sesuai dengan yang disarankan. Otomatis kandungan nutrisinya pun akan hilang.

"Beberapa nutrisi juga akan hilang dengan cara penyajian yang tidak benar. Makanya ini tugas kita untuk memahami setiap informasi dalam kemasan makanan, ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement