Kamis 27 Jul 2017 11:11 WIB

Chef Sydney Bagi Tips Masak Aglio Olio Seafood Pasta

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Aglio Olio Seafood Pasta ala Chef Sydney de Hart dari Aryaduta Bali.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Aglio Olio Seafood Pasta ala Chef Sydney de Hart dari Aryaduta Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penggemar masakan Italia pasti tidak asing dengan serba-serbi hidangan pasta. Bagi yang ingin berkreasi dengan menu baru, hidangan Aglio Olio Seafood Pasta bisa jadi pilihan lezat yang cukup mudah dibuat.

Dalam bahasa Italia, spaghetti aglio e olio berarti "spaghetti dengan bawang putih dan minyak". Karakteristik utama menu tradisional Italia yang berasal dari Kota Napoli itu memang penggunaan bawang putih dan minyak zaitun saat memasaknya.

Sydney De Hart, Executive Chef dari Aryaduta Bali membagikan tips agar penyuka kuliner bisa membuatnya sendiri di rumah. Ia menyebutkan daftar bahan yang perlu disiapkan antara lain pasta spaghetti yang sudah matang, minyak zaitun, mentega, air lemon, bawang putih, udang, cabai rawit merah, daun peterseli, garam, dan merica.

"Saya suka menggunakan sedikit mentega setiap kali memasak agar rasa hidangan menjadi lebih kaya. Begitu juga air lemon dan seafood selalu menjadi paduan yang pas," ungkap pria 33 tahun asal Belanda itu saat melakukan demo memasak di Aryaduta Bandung.

Langkah pertama, Sydney memanaskan minyak lantas menumis bawang putih dan cabai rawit hingga harum. Kemudian, ia memasukkan udang, peterseli, garam, merica, mentega, air lemon, dan menumis semua hingga udang berubah warna.

Ia mengingatkan agar tidak memasak udang terlalu lama agar tingkat kekenyalan dan kematangannya sesuai. Langkah selanjutnya yaitu memasukkan pasta, mengaduknya sebentar hingga rata dan hidangan pun siap disajikan dengan taburan keju parmesan parut berhias irisan lemon serta kemangi.

"Hasil akhir Aglio Olio selalu agak berminyak. Bagi yang kurang suka, bisa menambahkan kaldu ikan atau air kaldu sayuran jika vegetarian," kata pria yang pernah menjadi Chef de Cuisine di Temple Restaurant Beijing, Cina, itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement