Selasa 25 Jul 2017 08:18 WIB

Larangan Ketika Menikmati Teh Hijau

Rep: Christiyaningsih/ Red: Esthi Maharani
Teh hijau
Foto: Boldsky
Teh hijau

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Green tea alias teh hijau semakin populer dari hari ke hari. Setumpuk manfaat teh hijau menjadikannya diburu oleh banyak orang. Teh hijau dipercaya bisa melunturkan lemak, menjaga kesehatan hati, dan menunda penuaan.

Dengan sederet manfaat tersebut apakah ini artinya kita boleh meminum teh hijau setiap saat? Ternyata tidak. Dikutip dari laman Boldsky, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengonsumsi teh hijau agar tidak memberikan efek buruk bagi tubuh.

1. Batasi Konsumsi

Green tea mengandung antioksidan seperti flavonoid dan tanin. Minum satu atau dua cangkir teh hijau setiap hari tidak masalah. Tapi jangan minum lebih banyak dari itu karena teh hijau bisa berubah jadi racun dan memengaruhi kerja hati. Jadi, ada baiknya batasi asupan teh hijau per hari.

2. Jangan Minum Saat Perut Kosong

Mungkin kita berpikir sangat baik memulai hari dengan secangkir teh hijau. Namun minum teh hijau tanpa makan apapun sebelumnya justru dapat mengganggu kerja perut.

3. Jangan Minum Teh Hijau Setelah Makan Siang

Banyak orang memiliki kebiasaan minum teh setelah makan. Padahal kebiasaan tersebut memberi efek buruk dalam penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh. Usahakan minum teh paling tidak satu jam setelah selesai makan.

4. Jangan Minum Teh Hijau Jelang Tidur

Teh hijau bisa membuat seseorang susah tidur pulas. Minum teh hijau saat tengah malam bahkan disebut mengganggu kualitas tidur.Waktu yang paling tepat untuk minum teh hijau adalah pukul 15.00 sampai 17.00

5. Jangan Rendam Kantung Teh

Cara paling baik menyeduh teh adalah dengan membiarkan daun teh terkena air panas langsung. Jika memilih menyeduh teh dalam kantung, lebih baik buka dulu kantung teh dan biarkan daun teh langsung bersentuhan dengan air panas. Ini disebabkan beberapa pabrik teh menggunakan kantung teh dari kertas yang tidak sehat.

6. Green Tea Sebabkan Buang Air Kecil

Teh hijau bersifat diuretik. Ini artinya sesaat setelah minum teh hijau seseorang akan ingin buang air kecil. Dalam kondisi ekstrem, peminum green tea bahkan bisa sampai dehidrasi. Cara untuk mencegah 'beser' ini adalah mengimbangi dengan minum air putih.

Pada intinya teh hijau akan membawa manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Agar manfaat yang didapat maksimal, rebus daun teh hijau dalam air mendidih. Pastikan kita hanya minum maksimal dua cangkir setiap hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement