Senin 24 Jul 2017 13:11 WIB

Attarine Kenalkan Menu Baru yang Simpel Namun Memikat

Crispy chicken strip with sweet corn pudding dari Attarine Jakarta.
Foto: Republika/Indira Rezkisari
Crispy chicken strip with sweet corn pudding dari Attarine Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kombinasi yang memikat. Kalimat tersebut tercetus saat mencicipi hidangan pembuka yang diperkenalkan oleh restoran Attarine yang terletak di Jalan Gunawarman nomor 11A Jakarta Selatan.

Bayangkan perpaduan buah melon yang manis dengan sayur fennel yang cenderung pahit serta perasan lemon. Lalu, brussel sprouts yang dimasak garing dan dibaluri saus dari anchovy. Masih ada lagi edamame yang dimasak dalam oven dengan kayu rambutan dan diberi bumbu cabai dan jeruk limau.

Jacob Burrell, Executive Chef Attarine, menjelaskan hidangan pembuka tersebut beberapa diantaranya merupakan menu baru Attarine. "Saya menyukai masakan yang simpel. Yang tidak terlalu butuh banyak bumbu, tapi fokusnya ke bahan-bahan berkualitas," katanya.

Kombinasi rasa juga menjadi fokus Jacob. "Melon itu manis dan wangi. Fennel itu pahit. Lalu dibumbui garam dan jeruk yang asam. Semua pilihan rasa itu akan mencakup semua indera perasa di lidah," ujarnya.

Sedangkan untuk brussel sprout Jacob mengatakan inspirasinya saat meracik menu tersebut juga berlandaskan kesederhanaan bahan dan bumbu. Brussel sprout disebutnya memiliki rasa yang simpel. Namun ketika saus dari anchovy ditambahkan ke atas, rasanya langsung berubah.

"Saus anchovy memberi efek 'meaty', juga umami. Simpel tapi nonjok," ujarnya.

Crispy Brussel Sprouts with Anchovy Dressing

Selain menu pembuka, terhitung sejak 21 Juli 2017 Attarine juga memiliki sejumlah menu utama yang baru. Menu tersebut adalah Wood-Fired Large Shrimp Tossed with a coconut sauce, Market Ceviche, Pumpkin Gnocchi finished with a braised duck leg and curry leaves, Bucatini Pasta, Grilled Lamb Shoulder, Braised Beef Short Rib, termasuk menu nasi dengan saffron dan kacang pinus.

Jacob mengatakan Attarine menyajikan makanan yang modern namun sanggup memberi efek menyenangkan bagi penikmatnya. "Menu kami inspirasinya dari kuliner California yang fokus pada bahan-bahan makanan," katanya.

Dalam menciptakan menu baru Jacob mengaku bekerja sama dengan dua chef di bawahnya yakni Chef Ismawan dan Aditya Muskita. Semua orang disebutnya memberi masukan hingga menghasilkan menu yang sesuai untuk Attarine.

Dari sejumlah menu baru yang ditampilkan, Jacob juga merekomendasikan menu jagoannya di sana. "Ayam goreng sama Wood Fire Whole Fish. Kami di sini tidak hanya mencoba menciptakan makanan enak, tapi juga makanan yang sehat," ujarnya.

Pumpkin Gnocchi wth Shredded Duck and Curry Leaves

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement