Senin 24 Jul 2017 12:04 WIB

Asam Segar Ceviche dengan Sentuhan Kunyit

Ceviche
Foto: Republika/Indira Rezkisari
Ceviche

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyantap ikan mentah bukan hal aneh bagi pecinta kuliner. Potongan ikan mentah yang dicocol ke kecap asin atau sashimi dan sushi mempopulerkan kuliner ikan mentah tersebut ke seluruh dunia.

Masih ada lagi kuliner dengan bahan ikan mentah yang populer di kawasan Amerika latin. Adalah ceviche yang mulanya berasal dari Peru. Ceviche namun sedikit berbeda dengan sashimi atau sushi yang ikannya benar-benar tidak dimasak.

Ceviche mengombinasikan asam dari jeruk nipis atau lemon untuk mematangkan ikan dalam rendaman jus citrus atau dikenal dengan sebutan leche de tigre selama beberapa waktu. Untuk penambah rasa, ceviche biasanya diberi lagi rajangan bawang, cabai, daun ketumbar serta garam.

Attarine Jakarta mengenalkan menu ceviche dengan sentuhan inspirasi ikan Nusantara. Chef Aditya Muskita mengatakan kunyit menjadi rempah pembeda ceviche di Attarine dengan di tempat lain.

"Kunyit supaya kasih twist saja. Makanan ikan Indonesia biasanya banyak dibumbui dengan kunyit. Bedanya di ceviche ikannya mentah," ujar Aditya, saat ditemui di Attarine, beberapa waktu lalu.

Jika tertarik menikmati ceviche seperti yang tersaji di Attarine, Anda harus menyiapkan potongan ikan mentah terlebih dulu. Aditya menyarankan ikan yang digunakan memiliki daging yang tidak terlalu lembut. Sebab perendaman daging ikan di cairan asam akan menimbulkan proses pemasakan ikan, hingga membuat dagingnya lebih lembut.

Aditya juga membagi tips memarinasi ikan untuk ceviche. "Saya punya teman dari Peru dan dia membuat ceviche enak sekali, katanya ikannya direndam semalaman. 12 jam. Tapi semua tergantung selera, bisa sejam bisa empat jam," kata dia.

Resep Market Ceviche ala Attarine

Bahan:

Fillet ikan putih, bersihkan tanpa kulit lalu potong dadu

Bawang merah cincang

Cabai lombok merah

Bawang putih cincang

Daun ketumbar

Jagung manis kukus atau panggang

Garam

Lada hitam

Leche de Tigre secukupnya sampai menutup ikan

Leche de Tigre:

Air perasan dari 3 buah lemon

Air perasan dari 1 buah limau

1/4 jari kunyit (dikupas lalu dibakar)

Garam secukupnya

Air untuk mengimbangi rasa asam

Cara membuat:

Untuk leche de tigre, gabungkan semua bahan dalam blender. Lalu blender hingga tercampur. Saring dan simpan dalam kulkas.

Untuk membuat ceviche, gabungkan semua bahan dalam mangkuk kaca atau keramik, dan bumbui dengan garam dan lada secukupnya. Ikan harus tertutup oleh rendaman leche de tigre. Tunggu selama minimal 10 menit, tuangkan ke piring sajian dan hias dengan daun ketumbar.

Ceviche siap untuk dihidangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement