Jumat 21 Jul 2017 12:52 WIB

Pakar Bagi Cara Racik Teh Agar Rasa Keluar Maksimal

Rep: RIZKIYAN ADIYUDHA/ Red: Indira Rezkisari
Secangkir teh
Foto: Republika/Prayogi
Secangkir teh

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tidak hanya kopi, teh juga menjadi bagian dalam gaya hidup ataupun kebutuhan seseorang. Bisa saja Anda menyesap teh setiap pagi. Namun, tahukan Anda cara untuk membuat teh dengan benar?

Proses peramuan teh yang Anda lakukan belum tentu benar yang membuat rasa minuman kurang maksimal. Berikut tips yang diberikan ahli pembuat teh di Inggris, Dr Stuart Farrimond seperti dikutip Independent, Jumat (21/7).

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan waktu proses perebusan teh tidak kurang dan tidak lebih dari lima menit. Stuart mengatakan, hal itu agar bisa megeluarkan rasa terbaik dari teh tersebut.

Tidak hanya memastikan teh sepenuhnya berkafein, tapi juga meningkatkan khasiat kesehatannya. Perebusan selama tepat lima menit secara alami akan melepaskan lebih banyak antioksidan.

Menyesap teh juga dianjurkan tidak menggunakan gelas berbahan styrofoam. Ini, Stuart mengungkapkan, dapat menyerap molekul rasa yang dimiliki hingga pada akhirnya mengurangi kelezatan teh.

Selanjutnya, kualitas air juga perlu diperhatikan. Stuart mengatakan, pembuatan teh lebih baik dilakukan menggunakan filter untuk menghilangkan residu kalsium dan magnesium agar kedua senyawa itu tidak terbentuk di bagian atas teh.

"Kalsium adalah senyawa yang beraksi terhadap rasa dan ini bisa menghilangkan kenikmatan teh karena rasanya terikat dalam senyawa itu," kata Stuart Farrimond.

Terakhir, warna wadah yang digunakan juga berpengaruh terhadap rasa. Stuart mengungkapkan, jika Anda menyukai yang manis gunakan warna merah atau pink yang dapat mengeluarkan rasa manis alami teh.

"Sementara mug putih atau biru bisa mengeluarkan rasa asin dari teh Anda," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement