Kamis 20 Jul 2017 14:37 WIB

Cara Terbaik Mengonsumsi Sayur

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Esthi Maharani
Sayur organik
Sayur organik

REPUBLIKA.CO.ID, Sayur mengandung berbagai macam vitamin sehingga bisa juga disebut sebagai multivitamin alami. Mengonsumsi bermacam-macam jenis sayur sama saja dengan mengonsumsi vitamin mulai dari vitamin A hingga K, antioksidan, folifenol dan banyak kandungan nutrisi lainnya.

Namun, cara mengolah sayur yang tidak tepat dapat membuat nutrisi dan vitamin yang ada di dalam sayur menjadi tidak aktif atau bahkan rusak. Sehingga, manfaat dari sayuran tidak bisa dirasakan oleh tubuh.

Menurut ilmuwan dibidang nutrisi makanan dari Universitas Palma di Italia, Nicoletta Pillegrini, ada beberapa jenis sayur yang baik dikonsumsi saat mentah dan ada pula akan memberikan manfaat untuk kesehatan jika diolah dengan di masak terlebih dahulu.

"Misal, untuk mendapatkan nutrisi yang sempurna, pengolahan wortel dan brokoli dilakjkan dengan metode yang berbeda," ujar Pillegrini dikutip Time.

Wortel adalah sayur yang kaya akan vitamin A, C, K, folat, potassium, kalsium dan juga mineral. Kandungan yang tak kalah penting pada wortel adalah carotenoids. Meski carotenoids terdapat pada seluruh struktur sel, untuk mengaktifkannya wortel harus direbus atau di kukus terlebih dahulu. Jika dikonsumsi dalam keadaan mentah maka tubuh tidak dapat mengakses carotenoids.

Lain halnya dengan brokoli. Sayur dari kelompok tanaman kubis-kubisan ini mengandung senyawa alami yang dapat memerangi kanker, disebut dengan glucosinolates. Untuk dapat menyerap senyawa ini, tubuh memerlukan enzim myrosinase yang terdapat pada brokoli mentah.

Mengolah dengan cara memasaknya akan merusak enzil myrosenase pada brokoli. Sehingga, tubuh tidak dapat memanfaatkan senyawa glucosinate. Maka dari itu, cara mengolah sayur harus diperhatikan untuk mendapatkan nutrisi yang sempurna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement