Jumat 14 Jul 2017 08:18 WIB

Melatih Anak Cepat Mengenal Teman di Sekolah Baru

Rep: DADANG KURNIA/ Red: Indira Rezkisari
Anak sekolah dasar
Foto: Republika/Yasin Habibi
Anak sekolah dasar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog Anak dari Universitas Soegijapranata, Semarang, Endang Widyorini, menyarankan orangtua untuk membiasakan anak berada di luar rumah untuk bisa bersosialisasi bersama orang lain. Sehingga, ketika anak mulai masuk sekolah, bisa dengan cepat beradaptasi dan berkenalan dengan teman-teman barunya.

"Beberapa bulan sebelum sekolah, baiknya anak dibiasakan atau dilatih berada di luar rumah atau keluarga, yakni di lingkungan yang banyak orang," kata Endang saat dihubungi Republika.co.id.

Endang kemudian memaparkan, awal sekolah bagi anak adalah sesuatu yang paling berat. Sebab, awal sekolah menuntut kemampuan penyesuaian diri anak terutama saat mereka masuk kelas dan sekolah baru.

Maka dari itu, menurutnya, alangkah lebih baik sang anak dibekali dengan keterangan mengenai apa yang akan dihadapi saat sekolah. Bahkan bila perlu, sebelum memasuki masa sekolah, sang anak diajak berkeliling di sekolah supaya anak lebih mampu menggambarkan sekolah barunya.

"Sebaiknya anak dibekali dengan keterangan mengenai apa yang akan dihadapi saat sekolah. Bila perlu, ajak anak ke sekolah supaya anak lebih mampu menggambarkan sekolah barunya," terang Endang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement