Selasa 11 Jul 2017 07:55 WIB

Anak Autis Butuh Perhatian Khusus

Rep: Desy Susilawati/ Red: Esthi Maharani
Seorang ibu bermain dengan putrinya yang memiliki autisme
Foto: EPA
Seorang ibu bermain dengan putrinya yang memiliki autisme

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Setiap anak diciptakan unik, istimewa, serta memiliki potensi terpendam yang perlu  digali. Tak terkecuali anak-anak autis. Anak-anak autis selalu menyimpan kelebihan, bakat dibalik segala kekurangannya. Peran orangtua penting dalam menggali dan memfasilitasinya.

ACC-Coach, Trainer and Motivator, Dessy Arnas mengatakan anak autis ini perlu perhatian khusus. Orang disekitarnya harus sadar terhadap kebutuhan tersebut.

Terlebih lagi orangtua diharapkan bisa menjadi pendamping yang dibutuhkan mereka. Termasuk saudara hingga kakek dan nenek disarankan memberikan perhatian lebih kepada mereka.

Perhatian itu bisa dimulai dari memahami kebutuhan, potensi, hingga minat yang disenangi.

"Orang-orang disekitarnya yang harus bisa menyesuaikan. Mood anak-anak autis bisa berubah-ubah, kita yang harus menyesuaikan akan mereka tetap nyaman dan bisa berbaur dengan orang-orang normal," katanya.

Menurutnya, anak-anak tersebut akan memperhatikan kita apabila kita sudah mengerti kebutuhan mereka. Artinya kedua pihak harus sama-sama saling memberikan pemahaman dan beradaptasi. Tetapi yang perlu dipahami kita sebagai orang tua yang harus menyesuaikan dengan kebutuhan mereka, bukan sebaliknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement